Via Vallen Dilecehkan, Puti Angkat Bicara

Korban pelecehan harus berani buka suara

Surabaya, IDN Times - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno merespons cepat kasus pelecehan yang dialami pedangdut kondang asal Jatim, Via Vallen. Puti membela dan mendukung Via. Dia menilai, pelecehan tersebut telah merendahkan harkat perempuan, dan tak bisa ditoleransi. Puti juga memuji sikap Via Vallen yang berani mengungkap pelecehan itu ke publik.

1. Puti menyebut sikap Via Vallen terhadap pelecehan patut ditiru

Via Vallen Dilecehkan, Puti Angkat BicaraDok IDN Times/Istimewa

”Apa yang dilakukan Via Vallen menjadi contoh bahwa kaum perempuan punya harga diri. Perempuan bukanlah hanya sekadar konco wingking dan diam seribu bahasa ketika dilecehkan, baik melalui kata-kata atau tindakan yang tidak pantas,” kata Puti dalam pernyataan media di Surabaya, Rabu (6/6).

2. Puti imbau Via Vallen segera melapor ke polisi

Via Vallen Dilecehkan, Puti Angkat BicaraInstagram.com/@ViaVallen

Puti memberi semangat kepada Via Vallen, dan menyarankan untuk melapor ke polisi. Cucu Bung Karno itu juga meminta kaum perempuan lainnya untuk bersuara jika menerima perlakuan tak pantas dan pelecehan dari orang lain, baik pelecehan fisik maupun verbal. ”Mari speak up, laporkan jika ada pelecehan. Mari kita dukung Via Vallen dan perempuan Indonesia lainnya yang berani bersuara demi martabat dan kehormatannya. Masyarakat juga jangan mem-bully korban,” pungkasnya.

3. Pesepakbola yang melecehkan dianggap norak

Via Vallen Dilecehkan, Puti Angkat Bicarainstagram.com/markosimic_77

Seperti diketahui, jagat media sosial diramaikan oleh unggahan Instagram Story di akun Via Vallen yang memaparkan pelecehan yang dia terima dari seorang pesepakbola. Pedangdut yang menyanyikan lagu kampanye Gus Ipul-Puti, “Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur” itu mengunggah hasil capture pesan tak pantas yang dikirimkan pesepakbola tersebut ke Via melalui Instagram. ”Apa yang dilakukan pesepakbola itu juga sekaligus penghinaan ke pekerja seni perempuan. Dianggap pekerja seni seperti pedangdut layak dilecehkan, itu pemikiran dan sikap norak,” tegas Puti.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya