Gempa 6,4 SR Guncang Simeulue, Getaran Terasa hingga ke Sumut

Tidak berpotensi tsunami

Simeulue, IDN Times - Gempa bermagnitudo 6,4 pada Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Simeuleu, Aceh, Selasa (7/1) sekira pukul 13.05 WIB. Getaran juga dirasakan di sejumlah daerah terdekat di kawasan titik gempa termasuk ke Provinsi Sumatra Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Kepala Stasiun Geofisika Klas III Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, berdasarkan informasi resmi lokasi gempa berada di 2,29 Lintang Utara dan 96,24 Bujur Timur. Lebih tepatnya, gempa yang terjadi di darat tersebut berpusat 24 kilometer arah barat daya Sinabang.

“Telah terjadi gempa dengan kekuatan 6,4 SR dan untuk kedalaman berada di 13 kilometer,” kata Djati saat dikonfirmasi (7/1).

Berdasarkan skala Modified Mercalli Intensity (MMI), gempa juga dirasakan Tapak Tuan III, Singkil III, Gunung Sitoli III, Nias Utara III, Medan II - III, Nias Barat II, Meulaboh II.

“Kemudian dampak dari kejadian gempa yang terjadi itu dirasakan di beberapa wilayah Sinabang, Singkil, dan Simeuleue bahkan ke Nias. Untuk di Simeulue sendiri kami mendapat informasi dari kalak (kepala pelaksana) BPBD di sana mengatakan (kekuatan gempa) hingga 4 MMI,” ungkap Djati.

Melihat dari kedalaman serta lokasinya, gempa tersebut dikatakan Djati, tidak berpotensi terjadinya tsunami. Akan tetapi, pihaknya masih terus memantau perkembangan gempa.

“Sampai saat ini belum ada informasi (terjadinya tsunami) hingga saat ini kami terus memantau dari kegiatan ini. Apakah terjadi gempa susulan atau tidak, kami terus memonitoring,” ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Aceh Diguncang Gempa Bumi 6,4 SR

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya