Tertembak di Papua, Jenazah Kopassus Akan Tiba di Dairi Besok

Dua anggota Kopassus ditembak KKB Papua

Medan, IDN Times - Dua anggota Kopassus terluka parah dalam baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Kabupaten Intan Jaya, Selasa (17/12) sekitar pukul 15.30 WIT. Keduanya yakni Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw membenarkan terjadinya kontak senjata antara prajurit TNI dan KKB Papua, Selasa (17/12). Namun ia belum bisa memastikan apakah keduanya tewas atau tidak.

"Memang ada kontak senjata antara aparat keamanan dengan KKB, Selasa sekitar pukul 15.30 WIT yang menyebabkan dua orang (prajurit TNI) terluka parah," ujar Paulus Waterpauw seperti dilansir Antara Papua kemarin.

"Belum diketahui apakah korban meninggal atau tidak," sambung mantan Kapolda Sumut ini.

Meski demikian, pihak keluarga sudah mendapat kabar bahwa Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar meninggal dunia. Erizal berasal Kabupaten Dairi, Sumut. Merupakan putra  sulung dari Aiptu Rukur Sidabutar yang bertugas di Polres Dairi.

"Di rumah duka tadi sudah banyak pelayat yang datang dan banyak papan bunga ucapan duka," ujar Natal Silaban, kerabat keluarga Aiptu Rukur yang dihubungi IDN Times, Rabu (18/12). 

1. Jenazah sudah diberangkatkan dari Papua ke Medan

Tertembak di Papua, Jenazah Kopassus Akan Tiba di Dairi BesokLettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar (Facebook/Erizal Lumongga Zuhry)

Natal menjelaskan tadi pagi ia sudah datang ke rumah duka untuk melayat. Menurutnya keluarga sangat terpukul dengan kabar kematian Erizal.

"Keluarga dan para tetangga sudah bantu siapkan rumah duka. Kabarnya jenazah sudah dibawa dari Papua ke Medan sejak pukul 11.00 WIB," ujarnya.

Diperkirakan jenazah akan tiba di rumah duka Kamis (19/12) dini hari atau pagi.

Baca Juga: Diduga Selundupkan Senjata, Eks Danjen Kopassus Soenarko Ditangkap

2. Kapolda Papua belum dapat memastikan kelompok yang terlibat baku tembak

Tertembak di Papua, Jenazah Kopassus Akan Tiba di Dairi BesokLettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar (Facebook/Erizal Lumongga Zuhry)

Kapolda Papua, Paulus Waterpauw menyebutkan sejauh ini belum dapat memastikan kelompok yang terlibat baku tembak.

Pasalnya, sejumlah kelompok KKB Papua dilaporkan saat ini berada di sekitar wilayah Kabupaten Intan Jaya.

"Beberapa kelompok KKB dilaporkan berada di wilayah Intan Jaya dan berupaya turun ke areal PT Freeport, namun belum bisa dipastikan kelompok mana yang kontak dengan tim Satgas Penegakan Hukum," ujarnya.

3. "Gak nyangka tante nak, rupanya ini postingan terakhirmu"

Tertembak di Papua, Jenazah Kopassus Akan Tiba di Dairi BesokLettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar (Facebook/Erizal Lumongga Zuhry)

Kabar meninggalnya Erizal sudah tersebar di kampung halamannya. Laman facebook Erizal pun dibanjiri ucapan duka dari sahabat dan kerabatnya.

"Selamat jalan abang kelas ku waktu masih SMAN 1. Semoga di terima di sisi Tuhan yang Maha Kuasa, dan keluarga yang di tinggalkan diberi ketabahan, turut berduka cita ya teman Titi, semoga abang kita di terima di surga dan segala dosa diampuni Tuhan. Amin," tulis Tiurmaida Mariana Simamora.

"Selamat jalan abang... kami bangga dan bersyukur pernah dibina dan dibimbing abang," tulis Togi Simanjuntak di postingan terakhir Erizal tanggal 6 Desember 2019.

Dalam foto tersebut Erizal mengunggal foto sedang belajar menembak dengan caption"Orangtua mendidik anaknya dengan cara menyuguhkan film2 action di rumah... Sekarang saya ada di film itu... Sniper Legacy".

'"Gak nyangka tante nak....rupanya ini postingan terakhirmu ...selamat jalan nak ku..surga terindah tempatmu ya bang zal," tulus Elvi Rumondang Siahaan di kolom komentar postingan tersebut.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kapolda Paulus Waterpauw, dari Papua Kembali ke Papua

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya