Comscore Tracker

Terbesar Rp100 Juta, Ini Laporan Awal Dana Kampanye Pilkada Makassar

Dana kampanye paslon dilaporkan ke KPU tiga kali

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar merilis hasil penerimaan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) peserta Pilkada Kota Makassar.

Hasil penerimaan LADK itu bisa dilihat pada pengumuman KPU Nomor: 1427/PL.02.5-Pu/7371/KPU-Kot/IX/2020. Hasil ini juga bisa diakses langsung di laman resmi kota-makassar.kpu.go.id.

Baca Juga: Aturan APK Mulai Berlaku di Pilkada Makassar, Tapi Sanksi Belum Ada

1. Pasangan calon Danny-Fatma melaporkan jumlah dana kampanye terbesar

Terbesar Rp100 Juta, Ini Laporan Awal Dana Kampanye Pilkada MakassarPaslon nomor urut 1 di Pilkada Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi. (Dok KPU Makassar)

Berdasarkan tanda terima dan berita acara penerimaan LADK, pasangan nomor urut 1 Moh Ramdhan Pomanto melaporkan dana awal kampanye sebesar Rp100 juta. Dana kampanye pasangan calon ini terbesar dibandingkan pasangan lainnya.

Sedangkan, pasangan nomor urut 2 Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando melaporkan dana awal kampanye sebesar Rp10 juta.  Kemudian, pasangan nomor urut 3 Syamsu Rizal-Fadli Ananda melaporkan dana awal kampanye sebesar Rp30 juta.

Sementara, pasangan nomor urut 4 Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Nurdin Halid melaporkan dana awal kampanye sebesar Rp10 juta.

2. KPU akan kembali umumkan laporan penerimaan LADK pada pertengahan dan akhir masa kampanye

Terbesar Rp100 Juta, Ini Laporan Awal Dana Kampanye Pilkada MakassarKomisioner KPU Makassar Gunawan Mashar. IDN Times/Asrhawi Muin

Jumlah saldo tersebut merupakan saldo awal untuk dana kampanye pasangan calon. Jumlah tersebut tentu saja akan berubah seiring dengan berjalannya tahapan kampanye. 

Komisioner KPU Makassar Divisi Teknis Gunawan Mashar mengatakan, pihaknya akan kembali mengumumkan laporan sumbangan dana kampanye dan laporan penerimaan serta pengeluaran keempat pasangan calon.

"Ini pengumuman tahap awal, nanti di pertengahan, yakni LPSDK (Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye) diumumkan, dan juga di akhir LPPDK (Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye) juga diumumkan," kata dia, Minggu, 27 September 2020.

3. Ada ketentuan jumlah nominal sumbangan dana kampanye kepada paslon

Terbesar Rp100 Juta, Ini Laporan Awal Dana Kampanye Pilkada MakassarPengundian nomor urut Paslon Wali Kota Makassar di Hotel Harper Makassar, Kamis (24/9/2020). IDN Times/Istimewa

KPU Makassar memang meminta setiap paslon membuka rekening khusus dana kampanye, seperti tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU). Pembuatan rekening khusus dana kampanye ini merupakan kewajiban bagi paslon setelah resmi ditetapkan. 

Gunawan menjelaskan nominal sumbangan dana kampanye untuk gabungan partai politik atau koalisi parpol sebesar Rp750 juta, sedangkan perseorangan sebesar Rp75 juta. 

"Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) ini namanya harus nama paslon wali kota Makassar dan wakil wali kota. Yang itu dipantau oleh KPU. Dari situ dilihat sumbangan dana kampanye dari mana," ucap dia.

Baca Juga: Pilkada Makassar, Danny Pomanto Paling Tajir Hartanya Rp197,5 Miliar

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya