Comscore Tracker

Jokowi: Usai Semua Guru Divaksinasi, Uji Coba Sekolah Tatap Muka

Jokowi tinjau vaksinasi guru di Sulsel

Makassar, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau pelaksanaan program vaksinasi massal COVID-19 Sulawesi Selatan, Kamis (18/3/2021). Dua daerah yang ditinjau yaitu Kota Makassar dan Kabupaten Tana Toraja.

Dalam kesempatan kunjungan ini, Jokowi mengatakan, usai semua guru divaksinasi, akan dilakukan uji coba belajar tatap muka di sekolah secara terbatas.

Di Makassar, vaksinasi massal dikemas dalam kegiatan bertajuk Festival Smart Vaksinasi yang digelar di Hotel Dalton. Di sana, para peserta penerima vaksin sudah datang sejak pagi. Mereka terdiri dari tenaga pendidik atau guru.

Jokowi tiba di Hotel Dalton sekitar pukul 14.00 WITA. Sebelumnya, dia terlebih dahulu meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Tana Toraja pukul 11.55 WITA.

Setibanya di Hotel Dalton, Jokowi langsung disambut Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto. Jokowi juga terlihat menyapa para petugas kesehatan yang mengenakan APD maupun yang mengenakan pakaian adat, serta para peserta vaksinasi.

"Sore hari ini saya berkunjung ke Makassar untuk melihat vaksinasi yang dilakukan di Makassar oleh Pak Wali Kota dan oleh provinsi, gubernur," kata Jokowi dalam pidatonya.

Baca Juga: Bandara Tana Toraja Diresmikan, Jokowi: Memotong Tiga Bukit 

1. Jokowi rencanakan uji coba sekolah tatap muka setelah vaksinasi guru

Jokowi: Usai Semua Guru Divaksinasi, Uji Coba Sekolah Tatap MukaPresiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal di Hotel Dalton Makassar, Kamis (18/3/2021). YouTube/Sekretariat Presiden

Jokowi mengatakan ada sekitar 500 guru yang mengikuti vaksinasi COVID-19 massal di Hotel Dalton. Sementara, jumlah guru di Kota Makassar ada sekitar 8.000 yang hendak divaksinasi.

"Apabila semua sudah selesai, kita harapkan nanti ada uji coba tatap muka terbatas," katanya.

Kemudian, lanjut Jokowi, pemerintah juga akan mulai menerapkan sekolah tatap muka mulai Juli 2021. Namun dengan catatan sekolah tatap muka harus terbatas.

"Dari situ akan kita evaluasi, apakah akan bisa dilakukan tatap muka penuh mungkin pada bulan-bulan setelah itu," kata presiden.

2. Jokowi minta daerah lain percepat vaksinasi

Jokowi: Usai Semua Guru Divaksinasi, Uji Coba Sekolah Tatap MukaPresiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal di Puskesmas Ge’tengan Kabupaten Tana Toraja, Kamis (18/3/2021). Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi juga menekankan supaya proses vaksinasi massal tidak hanya dilaksanakan di Provinsi Sulsel, tapi juga di provinsi lain. Dia memerintahkan kepada daerah-daerah lain untuk segera mempercepat vaksinasi.

Vaksinasi utamanya harus menyasar kepada kelompok lansia dan orang-orang yang bekerja di sektor pelayanan publik, agar proses vaksinasi semakin hari semakin cepat dan masif.

"Sehingga kita harapkan semakin mengurangi laju penularan COVID-19 yang ada di negara kita," kata Jokowi.

3. Jokowi berharap vaksinasi lansia dan pekerja publik segera rampung

Jokowi: Usai Semua Guru Divaksinasi, Uji Coba Sekolah Tatap MukaPresiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal di Puskesmas Ge’tengan Kabupaten Tana Toraja, Kamis (18/3/2021). Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden

Di Kabupaten Tana Toraja, Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Puskesmas Ge’tengan, Kecamatan Mengkendek. Di lokasi tersebut, vaksinasi diikuti petugas dan pekerja publik serta kelompok lansia. 

“Saya berkunjung dalam rangka melihat proses vaksinasi yang ada di sini. Jadi hari ini dalam proses dikerjakan untuk 11.000 masyarakat yang sebelumnya juga sudah berjalan untuk 6.000 orang, sehingga totalnya ada 17.000,” ujar presiden.

Vaksinasi massal tersebut diberikan secara gratis dan serentak di 20 puskesmas se-kabupaten Tana Toraja. Pihak setempat telah memperoleh 11.000 vial vaksin COVID-19 dari Provinsi Sulsel yang diharapkan selesai diberikan dalam beberapa hari ke depan.

“Tadi saya lihat prosesnya berjalan dengan lancar, vaksinnya siap tersedia, petugasnya juga siap. Kita harapkan terus berproses sampai selesai di kabupaten ini,” kata Jokowi.

Baca Juga: Dapat Dosis Kedua, Wapres Ma'ruf: Vaksinasi Gak Masalah bagi Orang Tua

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya