Tinjau Vaksinasi di Sulsel, Jokowi Harapkan Semua Guru Divaksinasi

Jokowi ingin uji coba sekolah tatap muka setelah vaksinasi

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pelaksanaan program vaksinasi massal COVID-19 di Sulsel, Kamis (18/3/2021). Dua daerah yang ditinjau yaitu Kota Makassar dan Kabupaten Tana Toraja.

Di Makassar, vaksinasi massal dikemas dalam kegiatan bertajuk Festival Smart Vaksinasi yang digelar di Hotel Dalton. Di sana, para peserta penerima vaksin sudah datang sejak pagi. Mereka terdiri dari tenaga pendidik atau guru.

Jokowi tiba di Hotel Dalton sekitar pukul 14.00 WITA. Sebelumnya, dia terlebih dahulu meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Tana Toraja pukul 11.55 WITA.

Setibanya di Hotel Dalton, Jokowi langsung disambut Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. Di sana, Jokowi juga terlihat menyapa para petugas kesehatan yang mengenakan APD maupun yang mengenakan pakaian adat. Jokowi juga menyapa para peserta vaksinasi.

"Sore hari ini saya berkunjung ke Makassar untuk melihat vaksinasi yang dilakukan di Makassar oleh Pak Wali Kota dan oleh provinsi, gubernur," kata Jokowi dalam pidatonya.

1. Jokowi rencanakan uji coba sekolah tatap muka setelah vaksinasi guru

Tinjau Vaksinasi di Sulsel, Jokowi Harapkan Semua Guru DivaksinasiPresiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal di Hotel Dalton Makassar, Kamis (18/3/2021). YouTube/Sekretariat Presiden

Jokowi mengatakan ada sekitar 500 orang guru yang mengikuti vaksinasi COVID-19 massal di Hotel Dalton. Sementara jumlah guru di Kota Makassar ada sekitar 8.000 yang hendak divaksinasi.

"Apabila semua sudah selesai, kita harapkan nanti ada uji coba tatap muka terbatas," katanya.

Kemudian, terang Jokowi, pemerintah juga akan mulai menerapkan sekolah tatap muka di bulan Juli 2021. Namun dengan catatan sekolah tatap muka harus terbatas.

"Dari situ akan kita evaluasi apakah akan bisa dilakukan tatap muka penuh mungkin pada bulan-bulan setelah itu," kata Jokowi.

2. Jokowi minta daerah lain percepat vaksinasi

Tinjau Vaksinasi di Sulsel, Jokowi Harapkan Semua Guru DivaksinasiPresiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal di Puskesmas Ge’tengan Kabupaten Tana Toraja, Kamis (18/3/2021). Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi pun menekankan supaya proses vaksinasi massal tidak hanya dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Selatan tapi juga di provinsi lain. Dia pun memerintahkan kepada daerah-daerah lainnya untuk segera mempercepat vaksinasi.

Vaksinasi itu utamanya harus menyasar kepada kelompok lansia dan orang-orang yang bekerja di sektor pelayanan publik agar proses vaksinasi semakin hari semakin cepat dan semakin banyak.

"Sehingga kita harapkan semakin mengurangi laju penularan COVID-19 yang ada di negara kita," katanya.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Vaksinasi di Sulsel Hari Ini

3. Jokowi harapkan vaksinasi untuk lansia dan pekerja publik segera rampung

Tinjau Vaksinasi di Sulsel, Jokowi Harapkan Semua Guru DivaksinasiPresiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal di Puskesmas Ge’tengan Kabupaten Tana Toraja, Kamis (18/3/2021). Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden

Di Kabupaten Tana Toraja, Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang di Puskesmas Ge’tengan, Kecamatan Mengkendek. Di lokasi tersebut, vaksinasi diikuti petugas dan pekerja publik serta kelompok lansia. 

“Saya berkunjung dalam rangka melihat proses vaksinasi yang ada di sini. Jadi hari ini dalam proses dikerjakan untuk 11.000 masyarakat yang sebelumnya juga sudah berjalan untuk 6.000 orang sehingga totalnya ada 17.000,” ujar Jokowi.

Vaksinasi massal tersebut diberikan secara gratis dan serentak di 20 Puskesmas se-kabupaten Tana Toraja. Pihak setempat telah memperoleh sebanyak 11.000 vial vaksin COVID-19 dari Provinsi Sulawesi Selatan yang diharapkan dapat selesai diberikan dalam beberapa hari ke depan.

“Tadi saya lihat prosesnya berjalan dengan lancar, vaksinnya siap tersedia, petugasnya juga siap. Kita harapkan terus berproses sampai selesai di kabupaten ini,” kata Jokowi.

Baca Juga: Di Depan Jokowi, Sudirman Ungkap Daerah Terisolir di Tengah Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya