Comscore Tracker

Aktivitas di Sorong Mulai Kondusif dan Kembali Normal

Warga mulai bergotong-royong membersihkan batu berserakan

Jakarta, IDN Times – Masyarakat Sorong, Papua, sudah kembali beraktivitas seperti biasa, setelah sebelumnya terjadi unjuk rasa menolak rasisme yang berujung ricuh. Dilansir dari Antara, hal ini sudah terlihat dari kendaraan yang mulai melintas di jalan utama depan Bandara Domine Eduard Osok.

Kondisi beberapa daerah di Sorong tampak mulai kondusif dan sudah tak ada lagi aksi unjuk rasa.

Sebelumnya, terjadi aksi unjuk rasa pada Senin (19/8) yang membuat sejumlah fasilitas umum seperti Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Gedung ruang pamer mobil di Mankowari dibakar.

1. Situasi di Bandara mulai kondusif

Aktivitas di Sorong Mulai Kondusif dan Kembali NormalDok.IDN Times/Istimewa

Aktivitas di Bandara Sorong sudah mulai normal sejak pukul 06.00 WIT. Pintu masuk halaman parkir di bandara rusak, dan petugas parkir belum beraktivitas, sehingga kendaraan bebas untuk masuk dan keluar tanpa membayar retribusi.

Sebelumnya, dilaporkan demonstran berusaha mengepung Bandara Domine Eduard Osok, sehingga Bandara mengalami kerusakan di beberapa titik, dan akan segera dilakukan perbaikan untuk properti yang mengalami kerusakan.

Baca Juga: Dua Hari Terjebak, Transmigran Sorong Berharap Situasi Lekas Kondusif

2. Masyarakat mulai beraktivitas

Aktivitas di Sorong Mulai Kondusif dan Kembali NormalANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Warga mulai bergotong-royong untuk membersihkan kayu dan batu yang berserakan, beberapa toko sudah mulai kembali beroperasi, meskipun masih ada beberapa yang tutup. Selain itu, perkantoran, termasuk kantor Wali Kota Sorong juga belum mulai beraktivitas seperti biasa.

Kapolres Sorong Kota AKBP Mario Siregar memberitahu kepada masyarakat agar tetap tenang dan menjaga agar wilayah tetap kondusif.

“Mari kita menenangkan diri dan tidak melakukan aksi-aksi yang mengganggu kamtibmas yang pada akhirnya merugikan kita semua selaku warga Kota Sorong,” ujar Mario.

3. Aparat berjaga saat Kota Sorong sepi

Aktivitas di Sorong Mulai Kondusif dan Kembali NormalDok.IDN Times/Istimewa

Seluruh jalan protokol di Kota Sorong sepi karena tidak ada aktivitas warga, hanya ada TNI dan Polri yang masih berjaga di jalan. Masih ada kendaraan yang melintas, namun kendaraan tersebut tidak seramai biasanya.

Akibat peristiwa tersebut, warga masih enggan untuk keluar dari rumah untuk beraktivitas dan masih terdapat jalan yang masih ditutup, warga juga berharap agar kondisi di Kota Sorong segera pulih agar aktivitas warga kembali normal.

Baca Juga: Sorong Kembali Mencekam, Warga Mengungsi ke Lokasi Aman

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You