Comscore Tracker

Jejak Karier Ahok: Dari Belitung Sampai Dirut BUMN?

Ahok pernah terjerat kasus penistaan agama

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok digadang-gadang menjadi Direktur Utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ahok sebelumnya sudah menduduki beberapa jabatan, mulai dari Bupati Belitung Timur, Wakil Gubernur DKI Jakarta, dan Gubernur DKI Jakarta. Berikut rangkuman IDN Times tentang perjalanan karir Ahok. 

1. Perjalanan karier Ahok

Jejak Karier Ahok: Dari Belitung Sampai Dirut BUMN?IDN Times/Aldzah Aditya

Sebelum menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko 'Jokowi' Widodo, Ahok adalah Bupati Belitung Timur. Ia menjabat sejak Agustus 2005-Desember 2006.

Kemudian Ahok menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta dan pada 14 November 2014 Ahok bersama Djarot Saiful Hidayat terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pada Pilkada 2017 ia mencalonkan kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta, namun berdasarkan hasil Pilkada 2017 ia dikalahkan Anies Baswedan.

2. Penghargaan yang diterima bersama Jakarta

Jejak Karier Ahok: Dari Belitung Sampai Dirut BUMN?IDN Times/Fitria Madia

Banyak penghargaan yang diterima Ahok selama ia memimpin Jakarta, seperti National Earth Hour Capital  dalam ajang Earth Hour City Challenge, selanjutnya penghargaan dari Telkom Indonesia atas aplikasi untuk kepentingan masyarakat.

Dalam masa kepemimpinannya, Ahok juga memperbanyak ruang terbuka hijau, selanjutnya masih ada penghargaan yang diberikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan nasional (Bappenas) seperti terbaik I kategori Provinsi untuk perencanaan terbaik, terbaik I kategori Provinsi untuk perencanaan terbaik, terbaik I untuk perencanaan progresif, dan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) tertinggi tahun 2015, MDGs terbaik, dan capaian indikator terbanyak.

Selain beberapa penghargaan di atas, masih banyak penghargaan lain yang diterima Jakarta selama dipimpin oleh Ahok.

3. Terjerat kasus penodaan agama

Jejak Karier Ahok: Dari Belitung Sampai Dirut BUMN?IDN Times / Irfan Fathurohman

Ahok divonis bersalah dan dihukum dua tahun penjara karena kasus tersebut Pada 9 Mei 2017. Sebelumnya, pada Selasa, 27 September 2016, Ahok pidato di hadapan warga Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Pidato yang disampaikan menjelang pelaksanaan Pilkada DKI 2017 itu diunggah ke akun Youtube Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dan ramai diperbincangkan setelah diunggah oleh Buni Yani ke akun Facebook pribadinya. Setelah itu, sejumlah organisasi melaporkan Ahok ke polisi.

4. Menikah dengan Polwan

Jejak Karier Ahok: Dari Belitung Sampai Dirut BUMN?Instagram.com/fdphotography90

Ahok dan Veronica Tan resmi bercerai pada 4 April 2018, sebelumnya Ahok mengajukan gugatan cerai pada Januari 2018. Kemudian pada 25 Januari 2019 Ahok menikah dengan seorang Polwan bernama Puput Nastiti Devi.

Baca Juga: Ahok Masuk Kementerian BUMN atas Rekomendasi Jokowi? 

Topic:

  • Aulia Fitria
  • Dwi Agustiar

Just For You