Comscore Tracker

Jelang Wukuf di Arafah, Menag Lukman Cek Persiapan Jemaah Haji RI

Lukman pastikan semua layanan dan fasilitas sesuai harapan

Jakarta, IDN Times – Amirul Hajj Lukman Hakim Saefuddin mengunjungi tenda-tenda jemaah haji Indonesia di Arafah, Jumat (9/8). Dalam kunjungan kali ini, Menteri Agama Lukman Hakim ingin memastikan bahwa jemaah mendapat fasilitas dan layanan yang memadai menjelang wukuf, yang jatuh pada 9 Zulhijah 1440 H.

“AC-nya dingin kan? Ya beginilah kondisi Arafah bapak ibu. Kalau terlalu nyaman nanti malah kebanyakan tidur,” ujar Lukman kepada jemaah.

Baca Juga: 59 Jemaah Tertipu, Kemenag Tegaskan Tak Ada Percepatan Haji

1. Jemaah haji Indonesia sudah mulai berangkat ke Arafah sejak Jumat pagi

Jelang Wukuf di Arafah, Menag Lukman Cek Persiapan Jemaah Haji RIIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dikutip dari Antara, Lukman tiba di Arafah, Jumat (9/8) sekitar pukul 17.00. Sementara itu, jemaah haji Indonesia yang ada di Makkah mulai diberangkatkan menuju Arafah untuk persiapan wukuf dan rangkaian puncak ibadah haji.

Kepala Daerah Kerja Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, Subhan Cholid mengungkapkan, jemaah dari Indonesia sudah mulai diberangkaktan sejak Jumat  (9/8) pagi.

2. Amirul Hajj Lukman Hakim periksa semua fasilitas dan layanan

Jelang Wukuf di Arafah, Menag Lukman Cek Persiapan Jemaah Haji RIANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Lukman Hakim sendiri sesampainya di tenda–tenda di beberapa maktab, mengajak jemaah berdialog singkat sambil memastikan jemaah mendapatkan fasilitas dan layanan terbaik menjelang wukuf.  

Selain itu, Lukman juga menanyakan kondisi jemaah haji, mengunjungi jemaah yang sakit, memeriksa fasilitas kesehatan, toilet, dan dapur. Tidak lupa jemaah juga berfoto dan bersalaman dengan Amirul Hajj yang juga seorang Menteri Agama.

3. Menag Lukman: Fasilitas dan kondisi di Arafah sesuai harapan

Jelang Wukuf di Arafah, Menag Lukman Cek Persiapan Jemaah Haji RIANTARA FOTO/Hanni Sofia

Menurut Lukman, sampai saat ini seluruh fasilitas dan kondisi di Arafah sesuai dengan apa yang ia harapkan. Lukman juga berharap, semua proses akan berjalan lancar sampai jemaah kembali melakukan perjalanan ke Muzdalifah.

“Alhamdulillah ini sesuai dengan harapan kita. Jadi tidak ada kendala yang berarti. Mudah-mudahan ini akan terus berlangsung sampai besok malam, sampai kemudian jemaah meninggalkan Arafah menuju Muzdalifah,” ujar Lukman.

Baca Juga: Berangkat Haji, Menpora Mengaku Antre Tujuh Tahun

Topic:

  • Sunariyah

Just For You