Millennials Anggap Kata Perbedaan Paling Mewakili Definisi Toleransi

“Sikap menghargai perbedaan ras, agama, dan pendapat sesama"

Jakarta, IDN Times – IDN Times bekerja sama dengan IDN Research Institute melakukan survei tentang definisi toleransi menurut millennials. Survei ini diikuti oleh responden yang memiliki berbagai pekerjaan.

Dalam survei ini, karyawan swasta merupakan responden terbanyak dengan perolehan angka 38,8 persen, diikuti oleh mahasiswa dengan angka 36,8 persen, selanjutnya ada wirausaha dengan angka 10 persen, dan job seeker atau pencari kerja serta pegawai pemerintah yang mengikuti survei ini sebesar 8 persen dan 6,4 persen.

Survei dilakukan pada kata benda yang paling banyak disebutkan dalam mendefinisikan toleransi. Dalam survei ini, kata perbedaan merupakan kata yang paling banyak dipilih oleh responden, kata perbedaan memperoleh angka 29 persen, diikuti oleh kata sikap dengan perolehan 19 persen.

Selanjutnya kata ras mendapat perolehan 15 persen dari responden, kata agama mendapatkan perolehan 14 persen, sedangkan untuk kata pendapat dan perilaku memperoleh masing–masing 9 dan 3 persen.

Jika kata-kata yang paling banyak disebutkan oleh responden dirangkai menjadi suatu kalimat dengan definisi yang utuh, maka definisi toleransi menurut milenial adalah “Sikap menghargai perbedaan ras, agama, dan pendapat sesama.”

Millennials Anggap Kata Perbedaan Paling Mewakili Definisi ToleransiIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Survei: Millennials Paling Toleransi Terhadap Perbedaan Pendapat

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You