Sepenggal Cerita Pulpen Tinta Merah dan Biru Kesukaan BJ Habibie

Habibie tidak suka pulpen tinta hitam

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggalkan banyak kenangan semasa hidupnya. Satu kenangan unik, ternyata Habibie tidak suka tinta pulpen warna hitam, baik dalam menulis maupun untuk mengoreksi tulisan. 

Habibie lebih memilih menggunakan pulpen bertinta merah dan biru. Sehingga pengawal pribadinya selalu membawa pulpen tinta merah dan biru pada saat bertugas. Seperti diceritakan Albiner Sitompul, mantan pengawal pribadi Habibie. 

”Kalau bapak itu nulis, koreksi selalu pulpen merah, jadi saya ngantongin warna merah dengan warna biru, Beliau gak suka hitam, tapi biru,” ujar Albiner dalam wawancara bersama Kompas TV, Kamis (12/9).

Namun, Albiner tidak menjelaskan alasan mengapa Habibie lebih menyukai pulpen bertinta merah dan biru.

Bagi Sitompul, Habibie adalah seorang guru. Suatu ketika mereka bepergian ke Hamburg, Jerman, untuk mendatangi pabrik pesawat. Di sana, Sitompul bertanya tentang hal yang berkaitan dengan cara kerja toilet yang ada di pesawat, dan Habibie memberi jawaban untuk pertanyaan tersebut.

BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Habibie meninggal karena faktor usia dan gagal jantung.

Sebelum tutup usia, Habibie sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 2 September lalu. Jenazah Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada pukul 14.00 WIB.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan memimpin langsung upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut. Jenazah Habibie akan dikebumikan di samping pusara istrinya, Ainun Habibie.

Baca Juga: Indra Sjafri Ungkap Pesan BJ Habibie untuk Sepakbola Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya