Comscore Tracker

Anies Mau Rombak 4 Stasiun KRL Jadi Kawasan Transit

Apa saja stasiun tersebut?

Jakarta, IDN Times - Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek yang merupakan perusahaan patungan antara PT Kereta Api Indonesia dan PT MRT Jakarta akan merombak empat stasiun KRL eksisting menjadi kawasan transit. Empat stasiun tersebut ialah Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Sudirman.

"Jadi ada empat stasiun yang nampak beda. Stasiun Senen, Juanda, Tanah Abang, dan Sudirman itu nanti orang merasakan terintegrasi," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (10/2).

1. Kawasan tersebut akan terintegrasi dengan moda transportasi lain

Anies Mau Rombak 4 Stasiun KRL Jadi Kawasan TransitGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 8 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menurut Anies, nantinya, kawasan di stasiun tersebut akan terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti Transjakarta, angkutan umum (angkot), Jak Lingko, MRT, LRT, dan kereta bandara Railink.

Pihaknya akan mengajak setiap perusahaan transportasi untuk terlibat dalam pengelolaan transit oriented development (TOD) oleh PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek.

"Yang selama ini terjadi adalah tidak ada pengelolaan jadi satu. Tidak ada. Jalannya dikelola DKI, dalam stasiunnya dikelola oleh PT KAI, kemudian angkutan yang lewat situ dikelola oleh PT TJ. Kemudian ojol yang di situ dikelola oleh PT-PT Ojol. Ini sekarang jadi satu. Siapa? PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek, kendalinya ada di DKI," ujarnya.

2. Ditargetkan rampung Maret

Anies Mau Rombak 4 Stasiun KRL Jadi Kawasan TransitIDN Times/Axel Jo Harianja

Anies menargetkan stasiun-stasiun tersebut sudah selesai diubah menjadi TOD pada Maret tahun ini. "Kalau Maret sudah harus jadi mungkin pembangunannya sudah mulai kemarin ya" ujarnya.

Baca Juga: MRT dan KAI Bentuk Perusahaan Patungan, Ini 3 Tugas Utamanya

3. MRT Jakarta dan KAI membentuk usaha patungan bernama Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek

Anies Mau Rombak 4 Stasiun KRL Jadi Kawasan TransitIDN Times / Auriga Agustina

Sebelumnya, PT MRT Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia melakukan penandatanganan perjanjian pemegang saham pendirian perusahaan patungan bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek.

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar, dan Direktur Utama PT  Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro dan disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: KAI dan MRT Bentuk Usaha Patungan, Erick Thohir: Akhirnya Terealisasi

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya