Bawaslu: Protes Muncul Soal Hasil Pileg dan Bukan Pilpres 2019

Dinamika muncul di penghitungan Papua dan Kalbar

Jakarta, IDN Times - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menjelaskan tidak ada protes terhadap hasil rekapitulasi hasil pemilu Presiden 2019 di gedung KPU pada (21/5) lalu. Menurut Abhan, protes terhadap rekapitulasi suara terjadi usai dilakukan penghitungan suara partai politik atau caleg pemilu di tingkat DPR. 

"Terkait rekapitulasi nasional, ada beberapa dinamika di Papua dan Kalbar tapi persoalan itu adalah mengenai partai politik. Ketika pemilihan Presiden dan Wakil Presiden gak ada dinamika sampai skorsing, " ujar Abhan ketika bersaksi di sidang sengketa kelima Pilpres 2019 pada Jumat (21/6). 

Sebelumnya, saksi dari kubu TKN 01, Candra Irawan mengatakan hal serupa. Ia mengatakan, tidak ada persoalan dalam proses rekapitulasi nasional mengenai Pilpres.

Saat ditanya oleh Hakim MK, I Dewa Gede apakah ada yang keberatan terkait rekapitulasi suara di tingkat nasional, ia mengklaim tidak ada yang keberatan soal perolehan suara tersebut. Ada pun keberatan yang disampaikan mengenai tudingan bahwa ada kecurangan yang sistematis di pemilu 2019.

Sidang diskors sekitar pukul 11:30 dan dilanjutkan kembali pukul 14:00 WIB.  

Baca Juga: Saksi TKN Tepis Ada Pelatihan untuk Ajarkan Berbuat Curang Saat Pemilu

Topik:

Berita Terkini Lainnya