Cegah Kejahatan Seksual, 3 Srikandi BUMN Suarakan Gerakan Saya Berani 

Gerakan ini diluncurkan saat Hari Ibu

Jakarta, IDN Times - Tiga Srikandi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdiri dari Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, serta Direktur SDM dan Umum Perusahaan Gas Negara (PGN) Desima E Siahaan melakukan kick off program Anti-Pelecehan Seksual dengan slogan Kerja Profesional, Ketahui Batasan.

Acara ini bertepatan dengan Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember. Alexander mengatakan langkah tersebut merupakan bentuk nyata untuk mewujudkan budaya kerja BUMN yang profesional, dengan memahami batasan dan norma dalam bekerja.

"Pelecehan dapat berupa fisik, verbal, maupun tekstual yang sering kali tidak disadari sejak dini, yang kemudian dapat melampaui batas kewajaran," kata dia di Jakarta, Minggu (22/12) malam.

1. Ada tiga program anti-pelecehan seksual yang disuarakan

Cegah Kejahatan Seksual, 3 Srikandi BUMN Suarakan Gerakan Saya Berani (Istimewa)

Srikandi BUMN menyampaikan tiga program anti-pelecehan seksual, yang pertama dengan membuka akses pengaduan seluas-luasnya melalui "Letter to CEO" yang dikelola unit khusus dan terjamin kerahasiaannya, serta memberikan konseling psikologi terhadap pegawai.

"Program ini akan efektif jika tiap CEO BUMN peka dan peduli terhadap isu ini, layanan bisa dilakukan email atau SMS yang dikelola unit khusus dan terjamin kerahasiaannya," kata Nicke Widyawati.

Baca Juga: Ada Skandal Garuda, Erick Thohir Janji Cegah Pelecehan Seksual di BUMN

2. Penerapan sanksi akan dilakukan tanpa pandang bulu

Cegah Kejahatan Seksual, 3 Srikandi BUMN Suarakan Gerakan Saya Berani (IDN Times/Auriga Agustina)

Program selanjutnya adalah string to the rule. Dalam program ini peraturan akan ditegakkan dalam penerapan sanksi tanpa pandang bulu, dimulai dari peringatan tertulis hingga pemutusan hubungan kerja.

"Untuk itu, pegawai harus memahami apa saja yang termasuk dalam kategori pelecehan seksual dan sanksi yang dikenakan jika terbukti melakukannya," kata Desima E Siahaan.

3. Sebarkan pesan seluas-luasnya melalui kampanye #gerakansayaberani

Cegah Kejahatan Seksual, 3 Srikandi BUMN Suarakan Gerakan Saya Berani (IDN Times/Auriga Agustina)

Program terakhir adalah menyebarkan pesan seluas-luasnya untuk menghentikan pelecehan seksual, baik secara daring maupun luring dengan menggunakan tanda pagar #gerakansayaberani dan #ketahuibatasan, agar setiap orang memahami batasan-batasan dalam berperilaku.

Bagi karyawan BUMN yang mengalami pelecehan seksual di tempat kerja, dapat melaporkan melalui lindungiperempuan@bumn.go.id.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Erick Thohir Ancam Oknum yang Memanfaatkan Wanita di Perusahaan BUMN 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya