Comscore Tracker

Cek Jadwal Imsak di Hari ke-9 Puasa Ramadan 1441 H dan Doa Niat Puasa

Jangan lupa berdoa ya!

Jakarta, IDN Times - Tidak terasa hari ini, Sabtu (2/5), umat Muslim sudah memasuki hari ke 9 bulan ramadan 1441 Hijiriah. Sebagai pengingat sahur dan salat subuh, imsakiyah menjadi hal yang penting.

Berdasarkan jadwal puasa 2020 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, pada hari ke-9 Ramadan, waktu imsak jatuh pada pukul 04.26 WIB dan selang 10 menit, azan subuh akan berkumandang pada pukul 04.36 WIB.

1. Awali sahur dengan niat ya!

Cek Jadwal Imsak di Hari ke-9 Puasa Ramadan 1441 H dan Doa Niat PuasaIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Pada saat sahur, jangan lupa membaca doa niat berpuasa. Niat ini fungsinya untuk membedakan tujuan umat Muslim dalam beribadah.

Berikut doa niat berpuasa Ramadan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala."

2. Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan pedas saat sahur

Cek Jadwal Imsak di Hari ke-9 Puasa Ramadan 1441 H dan Doa Niat PuasaYummy.co.id

Mengonsumsi makanan pedas ialah kebiasaan orang Indonesia. Meski sudah selera lidah, tetapi jika selalu dikonsumsi secara rutin bisa menyebabkan masalah kesehatan lho.  Diare hal yang sering dijumpai akibat mengonsumsi makanan pedas, bisa menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi. Sedangkan saat berpuasa tubuh membutuhkan cairan.

Selain itu, makanan pedas akan meningkatkan risiko gastritis yang dapat membuat peradangan di bagian dalam dinding lambung. Radang lambung dapat disebabkan infeksi bakteri, tetapi timbulnya gejala juga dapat dipicu berbagai faktor, termasuk mengonsumsi makan pedas berlebihan. 

3. Konsumsi telur saat sahur bagus untuk meningkatkan metabolisme

Cek Jadwal Imsak di Hari ke-9 Puasa Ramadan 1441 H dan Doa Niat Puasayummy.co.id

Sebagai salah satu menu yang mudah didapatkan, telur merupakan makanan yang tinggi protein dan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, serta membantu memproses makanan menjadi energi, sehingga tubuh tidak mudah lemas. 

Dianjurkan telur rebus yang lebih rendah kalori, karena tidak ada tambahan minyak saat matang. Tidak hanya itu, telur juga menyediakan kolesterol sehat yang berguna untuk tubuh.

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya