Dinilai Melindungi Anak Indonesia, Megawati dan SBY dapat Penghargaan 

Megawati dan SBY terima penghargaan dari KPAI

Jakarta, IDN Times -Presiden kelima dan keenam Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhyono, meraih penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Keduanya dinilai berperan dalam melindungi anak Indonesia.

Ketua KPAI, Susanto, mengapresiasi Megawati sebagai pelopor berdirinya KPAI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 77 Tahun 2003. Sementara SBY dianggap sebagai presiden yang berperan dalam perlindungan anak dengan kebijakannya, yakni Inpres tentang Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak (GN AKSA), perubahan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Menjadi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan UU Pornografi.

"Apa yang telah dicetuskan oleh Presiden kelima dan keenam, memiliki dampak luar biasa bagi ikhtiar perwujudan dan penyelenggaraan perlindungan anak Indonesia," ujar Susanto.

Baca Juga: KPAI Pertanyakan Branding SMA Taruna Sebagai Sekolah Semi Militer 

1. Sekjen PDIP: Penghargaan ini bukti pemerintahan era Megawati berkomitmen majukan anak Indonesia

Dinilai Melindungi Anak Indonesia, Megawati dan SBY dapat Penghargaan IDN Times / Auriga Agustina

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, mewakili Megawati untuk menerima penghargaan tersebut. Dalam kesempatan itu, Hasto mengatakan, penghargaan tersebut menjadi suatu penghormatan dan menjadi bukti bahwa pemerintahan di era Megawati, berkomitmen anak Indonesia harus dikembangkan seluas-luasnya karena mereka merupakan aset masa depan Indonesia.

"Maka dari itu, juga kita jabarkan di mana dalam PDI Perjuangan pada tiga pilar partai, struktural, eksekutif, dan legislatif, wajib mempunyai komitmen membawa kemajuan bagi anak-anak kita," tuturnya.

2. Mewakili SBY, Agus Yudhoyono mengucapkan terima kasih

Dinilai Melindungi Anak Indonesia, Megawati dan SBY dapat Penghargaan IDN Times / Auriga Agustina

Sementara itu, Agus Harimurti Yudhoyono yang mewakili ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh KPAI. Sebab, segala usaha SBY pada masa pemerintahannya masih diapresiasi dengan baik.

"Pak SBY sebagai pemimpin kala itu, benar-benar ingin meyakinkan bahwa negara selalu hadir terkait isu dan hak-hak perempuan juga anak Indonesia, tentu dengan harapan terutama perempuan dan anak-anak kita semakin baik dan semakin cerdas, yang siap memajukan Indonesia di masa yang akan datang," ucapnya.

3. Ada 10 kategori penghargaan yang diberikan KPAI

Dinilai Melindungi Anak Indonesia, Megawati dan SBY dapat Penghargaan IDN Times / Auriga Agustina

Tahun ini, KPAI memberikan penghargaan untuk 10 kategori. Di antaranya adalah kementerian dan lembaga negara peduli anak, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota peduli anak, dan lembaga pembinaan khusus anak atau LPKA.

Juga layanan kesehatan peduli anak, lembaga layanan peduli anak, media perlindungan peduli anak, tokoh inspiratif peduli anak, tokoh anak inspiratif, dan lifetime achievement perlindungan anak.

Baca Juga: KPAI: Angka Kekerasan Anak di Media Sosial Terus Naik

Topic:

  • Sunariyah

Just For You