Duh, 7 Pemudik Reaktif COVID-19 di Km 19 Tol Japek

Tetap jaga protokol kesehatan ya guys

Jakarta, IDN Times - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono mengatakan, sebanyak tujuh pemudik atau pengguna jalan tol reaktif COVID-19 setelah menjalani tes usap antigen di tempat istirahat Kilometer 19 Tol Jakarta Cikampek, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Total hingga saat ini ada tujuh yang reaktif," katanya mengutip Kantor Berita ANTARA, Kamis (24/12/2020).

Baca Juga: Taman Impian Jaya Ancol Tutup Selama Libur Natal dan Tahun Baru 

1. Dalam dua hari ada 436 pengguna jalan tol yang memanfaatkan tes usap

Duh, 7 Pemudik Reaktif COVID-19 di Km 19 Tol JapekIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Fauzan)

Gatot menjelaskan bahwa pelaksanaan tes usap antigen di tempat istirahat KM 19 Tol Jakarta-Cikampek telah dimulai sejak Rabu (23/12/2020).

Menurut dia dalam kurun dua hari hingga hari ini, secara total ada 436 pengguna tol, baik pemudik maupun warga sekitar, yang memanfaatkan tes usap antigen gratis tersebut dengan rincian 166 orang pada hari pertama dan 270 lainnya pada hari ini.

"Kemarin dari 166 ada satu reaktif, sedangkan pada hari ini ada enam orang reaktif. Total ada tujuh yang reaktif," kata Gatot.

2. Ketujuh orang yang reaktif akan mendapat penanganan lebih lanjut

Duh, 7 Pemudik Reaktif COVID-19 di Km 19 Tol JapekIlustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Selanjutnya, ketujuh pengguna jalan tol yang dinyatakan reaktif tersebut menjalani penanganan lebih lanjut dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

"Jadi, setelah diberitahukan kepada yang bersangkutan, kemudian disampaikan untuk dilakukan tindak lanjut tes usap atau melakukan tindakan ke rumah sakit terdekat," ucap Gatot.

3. Ada kegiatan tes usap antigen di 70 tempat istirahat

Duh, 7 Pemudik Reaktif COVID-19 di Km 19 Tol JapekIlustrasi tenaga medis melakukan tes usap (swab test) terhadap warga saat tes usap massal di Kecamatan Mamajang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/9/2020). ANTARA FOTO/Arnas Padda

Gatot menjelaskan Polri akan melakukan kegiatan tes usap antigen di 70 tempat istirahat yang berada di jalan tol. Selain itu, tes serupa juga dilakukan di titik lain, seperti pelabuhan, bandara, hingga perbatasan wilayah.

"Ini juga semua didukung dari TNI serta pemerintah daerah setempat. Sebagai upaya dalam meminimalisasi penyebaran virus corona saat libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

Baca Juga: Hari Pertama Libur Natal, Tidak Ada Kemacetan di Kawasan Puncak Bogor

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya