Comscore Tracker

Ilham Bantah Isu Almarhum Habibie Donor Kornea Mata ke Thareq

Hoaks nih! Apalagi yang rusak rentina mata bukan kornea

Jakarta, IDN Times - Putra Almarhum Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, menjadi sorotan lantaran selalu memakai penutup mata. Belum lama ini, marak kabar di media sosial bahwa Thareq menerima transplantasi kornea dari sang ayah yang terdaftar jadi pendonor.

Namun, hal tersebut dibantah oleh anak sulung alamrhum BJ Habibie, Ilham Habibie. "Jadi kalau bahasa now namanya hoaks," katanya saat si temui di kediamannya, jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (13/9).

Lalu, sebenarnya mengapa Thareq sering kali terlihat menutup sebelah matanya?

Baca Juga: Thareq Habibie: Bapak Sering Lupa Bahwa Dirinya Sudah Berusia 80 Tahun

1. Akibat masalah glaukoma

Ilham Bantah Isu Almarhum Habibie Donor Kornea Mata ke ThareqIDN Times / Auriga Agustina

Menurut Ilham, Thareq menutup mata bukan karena operasi transplantasi melainkan akibat masalah glaukoma karena sakit gula yang Thareq derita.

"Itu glaukoma karena Thareq itu menderita penyakit gula. Akibat gula dan sudah bertahun-tahun merusak retinanya yang seperti layar di belakang lensa itu gak bisa diganti," ucapnya.

2. Ilham jelaskan soal retina Thareq

Ilham Bantah Isu Almarhum Habibie Donor Kornea Mata ke ThareqIDN Times / Auriga Agustina

Ia menegaskan meski cerita yang viral di media sosia tersebut indah didengar tapi tetap saja tidak benar karena yang rusak adalah retina mata Thareq. Sementara retina mata, kata Ilham, tidak bisa diganti.

"Sekali rusak, pasti rusak. Belum ada yang dimaksud mungkin kita ada yang bagian lensanya, yang bisa diganti kornea. Itu bukan penyakit Thareq," tegasnya.

3. Berikut isi pesan viral di media sosial tersebut

Ilham Bantah Isu Almarhum Habibie Donor Kornea Mata ke ThareqIDN Times / Auriga Agustina

Begini isi pesan yang viral di media sosial perihal mata Thareq Habibie:

Tampil di tv hingga pemakaman sang ayah, tetap dengan mata kanan ditutup. Kenapa?

Pasti publik penasaran, ada apa dengan mata kanan putra kedua Presiden ke 3 RI itu?

*Ini jawabannya, kornea mata kanan Thareq Kemal ternyata rusak, (semenjak 12 tahun silam). Tadinya kornea mata sang ibu, Hj Ainun Habibie yg akan didonorkan.
Tapi saat wafat 2010 silam, riwayat kanker yg menggerogoti tubuh Ibu Ainun membuat tim dokter urung melakukan operasi donor.

Nah, sang ayah, Prof. B.J Habibie, semenjak 2016 lalu sudah mendaftar sbgai pendonor kornea matanya buat si bungsu Thareq.
Jadi, sebelum dikebumikan, tim dokter sudah mengambil kornea mata Alm BJ Habibie. Operasi kornea tidak harus sampai mencongkel biji mata.

Cinta Orang Tua Sepanjang jalan dan Cinta Anak Sepanjang Penggalah, dapat dimaknai Cinta Orang Tua kepada Anaknya Tiada Batas, sebaliknya Cinta Anak kepada Orang Tuanya Terbatas.

Betapa mulianya BJ Habibie, jasadnya saja masih bisa dijadikan amal Shaleh.

_Wallauhu alam_

Baca Juga: [BREAKING] Thareq Habibie Apresiasi Kerja Tim Dokter RSPAD

Topic:

  • Anata Siregar
  • Yogie Fadila

Just For You