Comscore Tracker

IMS 2020: Maria Y Benyamin, Jadi Pemred Bisnis Indonesia di Usia Muda

Simak visinya di Indonesia Millennial Summit 2020

Jakarta, IDN Times - Bisnis Indonesia, surat kabar yang populer terutama di kalangan pelaku ekonomi dan bisnis. Siapa sangka, surat kabar yang sudah berusia 35 tahun itu kini dipimpin oleh srikandi muda bernama Maria Yuliana Benyamin. Perempuan kelahiran 13 Oktober 1982 tersebut menjadi penentu kebijakan redaksi di Bisnis Indonesia mulai tahun ini.

Maria akan akan menjadi moderator sesi "Building Eastern Indonesia: No one Left Behind' di Indonesia Millennial Summit 2020 pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta.

Kepada IDN Times, ia berbicara banyak mengenai perjalanan kariernya merambah dunia jurnalistik. Seperti apa perjalanan Maria?

1. Maria menjadi pemimpin redaksi di Bisnis Indonesia tahun ini

IMS 2020: Maria Y Benyamin, Jadi Pemred Bisnis Indonesia di Usia MudaInsgram.com / mariaybenyamin

Masih segar dalam ingatan Maria, saat terjun di dunia jurnalistik, Bisnis Indonesia adalah tempatnya pertama kali memulai. Pada 2006, Maria masuk ke surat kabar itu dengan status magang. Ketekunan mengantarkannya meniti karier dengan cepat hingga ke pucuk pimpinan di redaksi Bisnis Indonesia pada awal tahun ini.

"Jadi 2011 asisten redaksi, 2013 redaktur, terus 2017 redaktur pelaksana," katanya kepada IDN Times.

2. Gemar belajar hal-hal baru

IMS 2020: Maria Y Benyamin, Jadi Pemred Bisnis Indonesia di Usia MudaInsgram.com / mariaybenyamin

Meski berkarier sebagai wartawan di bidang ekonomi, Maria tidak punya latar belakang pendidikan jurnalistik maupun ekonomi. Dia merupakan lulusan Sarjana Ilmu Politik (SIP).

Gemar belajar segala hal, menjadi salah satu alasan wanita asal Flores, NTT tersebut memilih terjun ke dunia jurnalistik. "Memang passion, terus aku senang bertemu banyak orang. Setiap hari kita ketemu orang berbeda isu yang berbeda. Kebetulan aku orangnya suka belajar, senang banget belajar hal baru," tuturnya.

Sejatinya, ia sempat bertanya-tanya apakah ia bisa mempelajari ilmu yang tidak sesuai dengan jurusannya. Namun dengan kemauan belajar yang tinggi, ekonomi menjadi bidang yang kemudian digemarinya.

"Ekonomi menantang ya. Tapi kemudian setelah dijalani malah enak," ujarnya.

Terlintas dalam ingatan Maria, ia sering kali mendatangi narasumber untuk melakukan wawancara sekaligus belajar. "Saya punya narsum sudah tua banget, saya ingat saya belajar sama dia kayak kuliah aja, setiap hari datang ke dia belajar," ujarnya.

3. Waktu adalah tantangan bagi jurnalis

IMS 2020: Maria Y Benyamin, Jadi Pemred Bisnis Indonesia di Usia Muda@Mariaybenyamin

Sama seperti sebagian besar jurnalis lainnya, waktu menjadi tantangan tersendiri untuknya. Maria menjelaskan, dia memang harus berkorban banyak dalam hal waktu ketika memilih terjun menjadi jurnalis.

"Kita akhirnya harus berkorban lebih banyak dalam arti gini misalnya bangun tidur lebih pagi karena kita tahu pekerjaan kita tidak mengenal waktu. Tidur jadi lebih malam hanya untuk meniatkan waktu untuk keluarga juga. Seperti itu sederhana aja saya gak lihat kuantitas tapi kualitas," ucapnya.

4. Maria Yuliana Benyamin bakal jadi moderator di acara Indonesia Millennial Summit 2020

IMS 2020: Maria Y Benyamin, Jadi Pemred Bisnis Indonesia di Usia Mudainstagram.com / Mariaybenyamin

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial, salah satunya Elidawati Oemar.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri 5.000 pengunjung. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times 

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya