Comscore Tracker

Janji Prabowo di Pilpres: Seret Kader Gerindra ke Penjara Jika Korupsi

Kader Gerindra Edhy Prabowo ditangkap KPK

Jakarta, IDN Times - Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh KPK membuat Ketua Umum Partai Gerinda Prabowo Subianto menjadi sorotan. Hal ini lantaran Edhy Prabowo merupakan menteri yang berasal dari Partai Gerindra.

Penangkapan Edhy Prabowo seolah membuat wajah Gerindra babak belur, sebab jauh sebelum Prabowo masuk ke Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dia telah berjanji tidak akan segan-segan memasukkan siapa pun kader Gerindra yang berani korupsi, ke dalam penjara.

Janji ini disampaikan oleh Prabowo saat Debat Capres putaran pertama pada Januari 2019 lalu. "Kalau ada anggota Gerindra yang korupsi, saya yang akan masukkan ke penjara sendiri," tegas Prabowo yang dikutip, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: [BREAKING] KPK Tetapkan Menteri Edhy Prabowo Jadi Tersangka

1. Prabowo janji Gerindra akan melawan korupsi hingga ke akarnya

Janji Prabowo di Pilpres: Seret Kader Gerindra ke Penjara Jika KorupsiANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Dalam Debat Capres 2019 itu, Prabowo juga berjanji bahwa Gerindra akan melawan korupsi hingga ke akar-akarnya. Hal itu dilontarkan Prabowo ketika lawannya, Joko "Jokowi" Widodo, mempertanyakan data Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyebut bahwa banyak caleg dari Partai Gerindra berlatar belakang mantan koruptor.

Menurut Prabowo, data yang dikutip Jokowi melalui ICW tersebut tidak benar.

"Saya seleksi calon tersebut. Kalau ada bukti laporkan kepada kami. Begini, ada juga kadang tuduhan korupsi yang menerima THR semuanya lintas partai. Kalau kita cek di Kejaksaan, boleh kita bandingkan berapa orang yang menunggu masuk KPK atau masuk penjara," katanya.

2. Prabowo akan beri kelonggaran bagi koruptor yang mau bertobat

Janji Prabowo di Pilpres: Seret Kader Gerindra ke Penjara Jika KorupsiIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, dalam kampanye akbar capres-cawapres nomor urut 02 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada Minggu, 7 April 2019, mantan Komandan Jenderal Kopasus itu mengatakan, akan meminta para koruptor yang kini ngumpet di luar negeri untuk kembali ke Tanah Air. 

"Kemudian, kami akan minta mereka tobat dan sadar untuk mengembalikan uang yang mereka curi," kata Prabowo.

Prabowo sempat mengatakan, uang yang telah diambil koruptor tidak perlu dikembalikan semuanya. "Ya, boleh kita sisihkan dikitlah buat mereka. Untuk dia pensiun," tutur dia lagi. 

Pernyataan Prabowo itu disampaikan ketika ia berjanji, akan menciptakan pemerintahan yang bersih jika terpilih sebagai presiden. 

3. Prabowo minta koruptor kembalikkan uang rakyat

Janji Prabowo di Pilpres: Seret Kader Gerindra ke Penjara Jika KorupsiIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Prabowo Subianto juga sempat menitipkan pesan kepada para koruptor saat kampanye terbuka di Cibinong, Jumat 29 Maret 2019. Ia berpesan agar para koruptor mengembalikan uang rakyat yang mereka ambil.

"Saya katakan, hei para koruptor, kau akan kita sadarkan. Kami yakin di dalam hatimu kau tetap orang baik. Jadi saya akan kasih kesempatan kepadamu. Hei koruptor, kembalikan uang itu supaya uang itu bisa dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia," ucap Prabowo yang disambut sorakan meriah dari pendukungnya. 

Baca Juga: Prabowo Subianto Sudah Terima Kabar Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya