Gara-Gara Dirawat di RS, JK Absen Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono

JK menjalani perawatan penyakit usus

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf "JK" Kalla mengungkapkan alasannya ia absen saat almarhumah Ani Yudhoyono dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Minggu (2/6) kemarin. JK mengatakan ia sedang berada di rumah sakit selama 10 hari karena tengah menjalani perawatan usus. 

Memang, sejak awal jenazah Ani disemayamkan di rumah duka di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, sosok Jusuf Kalla tidak nampak. Hanya sang istri Mufidah Kalla yang terlihat hadir pada Sabtu malam (1/6) lalu. 

"Saya 10 hari (ada) di rumah sakit. Perawatan usus, jadi ada beberapa momen yang saya meminta ibu mewakili datang, seperti saat wafatnya ibu Ani," kata JK di rumah dinas Wapres di Jakarta pada Selasa (4/6). 

Kapan JK akan menemui SBY dan menyampaikan duka cita secara langsung?

1. JK berjanji akan menemui SBY apabila kondisinya sudah pulih

Gara-Gara Dirawat di RS, JK Absen Hadir di Pemakaman Ani YudhoyonoIDN Times /Auriga Agustina

JK yang sempat mendampingi SBY sebagai Wapres pada tahun 2004-2009 itu mengatakan akan menemui Presiden ke-6 RI dan menyampaikan ucapan belasungkawa usai kondisinya pulih nanti.

"Insya Allah, insya Allah kalau saya sudah pulih betul, pasti saya bertemu (Pak SBY). Bagaimanapun, Ibu Ani itu ibu negara waktu saya bersama-sama dengan Pak SBY, di era saya, " ujar JK kepada media. 

Baca Juga: Firasat-firasat di Balik Kepergian Ibu Ani Yudhoyono

2. JK menyebut sosok Ani Yudhyono merupakan figur hebat di balik SBY

Gara-Gara Dirawat di RS, JK Absen Hadir di Pemakaman Ani YudhoyonoIDN Times /Auriga Agustina

Menurut JK, Ani Yudhoyono merupakan sosok perempuan yang hebat. Layaknya pepatah yang mengatakan di balik pria sukses ada wanita hebat di belakangnya.

"Saya tahu betul Ibu Ani itu perempuan yang hebat. Sebagaimana sering dikatakan, di belakang laki-laki hebat ada perempuan yang lebih hebat lagi, itu lah Ibu Ani, " kata dia.

Sayangnya, JK mengaku tidak memiliki kesan khusus, lantaran sang istri Mufidah Kalla yang lebih sering berkomunikasi dan memiliki hubungan yang erat dengan Ani. JK mengaku lebih sering berbicara dengan SBY.

"Hubungan khusus itu lebih banyak dengan Ibu (Mufidah Kalla). Saya sendiri tentu lebih banyak (berkomunikasi) dengan Pak SBY," kata dia.

3. Selain JK, Prabowo dan Sandiaga Uno juga absen melayat ke pemakaman Ani Yudhoyono

Gara-Gara Dirawat di RS, JK Absen Hadir di Pemakaman Ani YudhoyonoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dalam catatan IDN Times, tidak hanya JK saja yang absen mengikuti pemakaman Ani Yudhoyono. Prabowo dan Sandiaga Uno pun turut tak bisa hadir. Ketika dimakamkan pada Minggu kemarin, Prabowo masih berada di Austria. Sementara, Sandiaga sedang berada di Amerika Serikat untuk berlebaran bersama kedua puterinya.

Prabowo akhirnya melakukan takziah ke kediaman SBY di Puri Cikeas, Bogor pada Senin (3/6). Sayangnya, di bagian akhir kunjungan, Prabowo malah menyinggung isu politik ketika memberikan keterangan pers ke media yang sudah menantinya.

4. Pada Lebaran tahun ini, JK juga tidak menggelar open house

Gara-Gara Dirawat di RS, JK Absen Hadir di Pemakaman Ani YudhoyonoANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Selain itu, JK dan keluarga memilih tidak menggelar open house seperti Idul Fitri tahun 2018. Ia memilih fokus untuk pemulihan penyakitnya. 

Namun, ia akan mendampingi Jokowi di Istana Negara untuk menerima masyarakat umum pada Rabu (5/6).

Topik:

Berita Terkini Lainnya