Comscore Tracker

Jokowi Minta Jawa Timur Lebih Diperhatikan, Ini Kata Doni Monardo

Apa yang sudah dilakukan Gugus Tugas untuk membantu Jatim?

Jakarta, IDN Times - Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menanggapi, perintah Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk menugaskan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemik COVID-19  memberikan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, lantaran adanya peningkatan signifikan terkait kasus positif COVID-19 di Jawa Timur.

Menurutnya hal itu lantaran ada sejumlah klaster penularan COVID-19 di Jawa Timur antara lain Jemaah Tablig Gowa dan pabrik rokok milik PT HM Sampoerna Tbk.

"Dan ini kita optimalkan bagaimana supaya kontak erat yang terjadi antara masyrakat dengan komunitas yang positif COVID ini bisa dilakukan pelacakan dan ini menjadi prioritas pemerintah Jawa Timur dan juga Kabupaten Kota yang ada di Jawa Timur," Rabu (27/5).

1. Berikut langkah yang telah dilakukan Gugus Tugas dalam membantu Pemprov Jawa Timur

Jokowi Minta Jawa Timur Lebih Diperhatikan, Ini Kata Doni MonardoDoni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (IDN Times/Fiqih Damar Jati)

Doni mengatakan, pihaknya telah memberangkatkan dua mobile BSL 2 untuk membantu laboratorium di Jatim. Gugus Tugas juga menyiapkan RS darurat di sejumlah titik.

"Kemudian juga pemerintah dalam hal ini gugus tugas telah menyalurkan dana operasional untuk rumah sakit lapangan sebesar Rp10 miliar. Jadi itu yang telah dilakukan untuk mendukung Pemprov Jatim," ucapnya.

Baca Juga: Data Lengkap Kasus Virus Corona di Indonesia per Rabu 27 Mei 2020

2. Jokowi meminta rumah sakit rujukan di Jawa Timur ditambah

Jokowi Minta Jawa Timur Lebih Diperhatikan, Ini Kata Doni MonardoDok. Biro Pers Kepresidenan

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta para menteri dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 untuk lebih memperhatikan wilayah-wilayah yang tingkat penyebaran kasusnya masih tinggi. Salah satunya adalah wilayah Jawa Timur.

Mantan Wali Kota Solo itu memerintahkan jajarannya agar meningkatkan penanganan COVID-19 di Jawa Timur. Salah satunya dengan cara menambah rumah sakit rujukan.

"Pak Menkes juga Ketua Gugus Tugas, betul-betul saya minta Jawa Timur menjadi perhatian," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi memerintahkan kepada Gugus Tugas dan Menteri Kesehatan agar fokus terhadap wilayah Jawa Timur. Dia meminta agar rumah sakit rujukan di Jawa Timur ditambah.

"Di Jawa, terutama agar dibantu memberikan dukungan penuh Provinsi Jawa Timur, terutama tentang kesiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit daruratnya," ujar Jokowi.

3. Jokowi minta target pemeriksaan spesimen 10 ribu per hari untuk dikejar

Jokowi Minta Jawa Timur Lebih Diperhatikan, Ini Kata Doni MonardoDok. Biro Pers Kepresidenan

Pria kelahiran Solo itu lalu meminta jajarannya untuk segera mengejar target pemeriksaan spesimen COVID-19 yang mencapai 10 ribu per hari. Upaya itu diminta Jokowi akan ada kecepatan dalam menangani COVID-19.

"Target uji spesimen 10 ribu per hari yang sudah saya berikan target beberapa bulan lalu agar ini dikejar, sehingga ada sebuah kecepatan," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Menkes dan Gugus Tugas Lebih Perhatikan Jawa Timur

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya