Comscore Tracker

Kapolri: Jangan Ada Mobilisasi Massa untuk Deklarasi Kemenangan 

Karena proses penghitungan suara masih berlangsung di KPU

Jakarta, IDN Times - Kepala Kepolisian Jendral Pol Tito Karnavian menilai pemilu tahun ini berjalan aman dan damai karena tidak ada gangguan yang secara signifikan menganggu jalannya pemilihan dan penghitungan suara.

"Kita semua sudah melihat kalau pada 17 april 2019 berlangsung aman damai dan lancar," kata Tito di Jakarta, Kamis (18/4).

Meski secara umum pemilu berjalan lancar namun Tito menyebutkan ada tiga peristiwa yang terjadi selama pemilihan.

Pertama adalah adanya penganiayaan terhadap seorang anggota KPPS di Sumatera Selatan dengan anggota Linmas yang berjaga karena rebutan kunci kotak suara.

"Kedua peristiwa di Sampang, karena rebutan mandat saksi sampai ada yang terluka, dari salah satu partai politik," kata Tito, di Jakarta (18/4).

Masalah lainnya, terjadi karena adanya warga yang melarikan kotak suara di daerah Sampang dengan motif uang.

"Ada beberapa logistik di wilayah Papua yang belum masuk karena masalah cuaca, penerbangan otomatis kotak suara telat," ungkapnya.

Tito mengimbau jika ada pihak-pihak yang melanggar aturan hukum maka sebaiknya laporkan kepada pihak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

"Jangan lakukan mobilisasi, baik mobilisasi merayakan kemenangan atau ketidakpuasan, kemarin di HI kita bubarkan pendukung yang berkumpul," jelasnya.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You