Comscore Tracker

Ketua DPD Puji Senator Petahana dan Kecewa Anggota Terpilih, Kenapa?

OSO berpesan pada anggota DPD terpilih

Jakarta, IDN Times - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) mengatakan, indikator kemajuan Indonesia diukur dari keberhasilan daerah, bukan hanya fokus pada Jakarta. Hal itu disampaikan OSO saat membuka Orientasi Anggota DPD 2019-2024.

"Saya ingin menegaskan kembali pada komitmen pembentukan awal DPD, di mana, keberadaan DPD untuk memajukan dan menyejahterakan daerah. Indonesia makmur kalau daerah sudah maju. Jadi jangan mimpi kalau Jakarta makmur, terus Indonesia sudah makmur," kata dia di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, Selasa malam (17/9) .

Baca Juga: Ada Usia 22 Tahun, Ini 10 Wajah Millennial yang Berhasil Duduk di DPD

1. Perlu ada pembinaan kantor DPD di ibu kota provinsi

Ketua DPD Puji Senator Petahana dan Kecewa Anggota Terpilih, Kenapa?IDN Times / Auriga Agustina

Oesman mengatakan perlu ada pembenahan kantor DPD di ibu kota provinsi, agar anggota DPD terpilih dapat memajukan daerahnya masing-masing.

"Karena di sana lah kita mulai menampung dan merumuskan apresiasi masyarakat, sebelum dibawa melalui ke DPR RI. Hal ini akan menjadi bukti bahwa apresiasi daerah adalah bagian tak terpisahkan dan harus dipertimbangkan," tutur dia.

2. OSO memuji anggota DPD lama yang terpilih kembali

Ketua DPD Puji Senator Petahana dan Kecewa Anggota Terpilih, Kenapa?IDN Times / Auriga Agustina

Selain itu, Oesman mengatakan, masih banyak anggota DPD terpilih kembali pada 2019-2024. Terpilihnya kembali mereka, lantaran kinerja mereka sebelumnya dipercaya daerahnya.

"Banyak sahabat saya yang terpilih kembali, itu orang hebat. Selama sama saya, dia punya kredibilitas yang baik dan punya kemampuan, maka dia dipilih lagi oleh daerahnya," kata dia.

3. OSO kecewa pada anggota DPD terpilih yang ingin memperbaiki kelemahan lembaganya

Ketua DPD Puji Senator Petahana dan Kecewa Anggota Terpilih, Kenapa?IDN Times / Auriga Agustina

Oesman menyayangkan ketika ada anggota DPD baru menyatakan akan merombak atau memperbaiki kelemahan DPD.

"Anda lihat sekarang yang masih terpilih, itu bisa membuktikan pada kita semua, itu mereka dan kita sudah bekerja secara maksimal. Jadi keliru kalau baru masuk sudah menyalahkan DPD yang lama, itu tidak suportif, mari kita satukan pandangan," tutur dia.

4. Ini pesan OSO kepada anggota DPD terpilih

Ketua DPD Puji Senator Petahana dan Kecewa Anggota Terpilih, Kenapa?IDN Times / Auriga Agustina

Oesman pun berpesan agar anggota DPD terpilih lebih fokus mengawasi undang-undang, serta meningkatkan kewenangan dalam mengawasi dan mengevaluasi rancangan pemerintah daerah yang mendekatkan DPD dengan lembaga daerah.

"Bila kita menunggu amendemen, sehingga kita ikut mengesahkan undang-undang seperti DPR, maka kita akan terjebak dengan rutinitas kerja konstitusional," tutur Ketua Umum Partai Hanura itu.

Baca Juga: DPD RI Segera Putuskan Hasil Fit and Proper Test Calon Anggota BPK RI 

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You