Laporkan Banjir ke BNPB, Warga Bekasi hingga Bogor Minta Bantuan

Banjir mengakibatkan longsor dan bangunan roboh

Jakarta, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) sejak Kamis (31/12) berdampak pada banjir di wilayah tersebut. Setidaknya sudah ada warga yang melaporkan kondisi banjir di 19 wilayah kota Bekasi dan 2 wilayah Bogor ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo melalui pesan whatssapp.

"Itu laporan warga. Sedang kumpulin data banjir," katanya Rabu (1/1).

1. Berikut laporan warga yang masuk ke BNPB

Laporkan Banjir ke BNPB, Warga Bekasi hingga Bogor Minta BantuanIDN Times/BNPB.go.id

Berdasarkan informasi yang masuk ke BNPB, pukul 03.00 WIB banjir di wilayah Teluk Pucuk Bekasi sudah sepinggae orang dewasa. Kemudian, pukul 03.34 WIB di PGP Blok C6 RT 07 RW 08 Bekasi, air sebetis orang dewasa.

Pukul 03.49 WIB di KIG RT 10 RW 14, Jalan Pekalongan Bekasi, air di jalan setinggi 15 cm. DiDi waktu  yang sama, wilayah PGP Blok C34 no.12 Al Badriyah iii Bekasi, warga melaporkan air sudah masuk rumah.

Baca Juga: [BREAKING] Banjir Jakarta, Tinggi Air di Benhil Sudah 80 cm

2. Warga meminta alat bantu

Laporkan Banjir ke BNPB, Warga Bekasi hingga Bogor Minta BantuanIDN Times/Bagus F

Dewi, warga yang berasal dari wilayah Vijar RW 12 Bekasi, pukul 04.08 WIB melaporkan banjir sudah masuk ke beberapa perumahan villa Jatirassa. Ia meminta bantukan kepada BNPB untuk mendatangkan alat bantu.

"Selamat pagi pak, apakah bisa dimintakan ke kota atau balai besar agar mobil pompa didatangkan untuk ke perum villa jatirasa," lapornya kepada Humas BNPB.

Selanjutnya pukul 04.10 WIB, Jaka di Kencana Blok A Bekasi, air masuk rumah sudah setinggi paha. Pukul 04.15 Kemang Ifi di Graha Bekasi Jl Solo Jl Semarang RT 011 RW 014, air sudah mencapai 50 cm.

Warga PGP C 38 39 40 RW 10 Bekasi melaporkan pukul 04 25 air sudah masuk rumah. Pukul 04.31 WIB di Jalan raya PGP Bekasi air tergenang setinggi 25 cm.

Selanjutnya Pukul 04.34 WIB Kemang Ifi Graha Bekasi, Jl Yogyakarta blok D2 no 34A warga melaporkan air masuk rumah. Pukul 04.37 WIB, Bekasi Kemang ifi Jl Pekalongan warga menyampaikan banjir sudah setinggi betis.

Pukul 4.38 WIB di Bojongkulur blok V RT 5 RW 22 Vilani 2, warga melaporkan air sudah menggenangi jalan akibat rembesan tanah dari lapangan bulu tangkis taman antara RW 22 dan RW 24.

Pukul 04.40 di wilayah Pangkalan 1A Bantar Gebang Bekasi, banjir mencapai 1 meter. Warga Vijar, Jalan Garuda, Bekasi melaporkan pukul 04.44 WIB, air masuk rumah setinggi 5cm

3. Banjir di wilayah Bekasi, tertinggi 30-50cm

Laporkan Banjir ke BNPB, Warga Bekasi hingga Bogor Minta BantuanHujan deras disertai angin kencang selama hampir 30 menit menyebabkan sebagian besar wilayah Kota Tegal dikepung banjir, Selasa (31/12) petang. IDN Times/ Muchammad Haikal

Berdasarkan laporan terakhir yang diterima BNPB pukul 04.48 WIB banjir tertinggi di Komplek Jaka Kencana Bekasi yakni mencapai 30cm-50cm dan sudah banyak yang masuk ke rumah. Kemudian warga melaporkan pukul 04 51 WIB di PPA Jatiasih, Bekasi RT 07 air sudah masuk ke dalam rumah, warga tak melaporkan berapa ketinggian air tersebut.

Warga melaporkan akibat banjir itu pukul 04.52 WIB tembok pabrik roboh, di jalan pangkalan 1, Bekasi. Pukul 04.54 WIB warg PGP RT 02 RW 10 Jalan Sunan Kali Jaga, Bekasi melaporkan air menggenang jalan setiggi betis. Pukul 05.05 WIB di RT 005/010 PGP bekasi, warga melaporkan air di jalan sudah setinggi pinggang.

Baca Juga: Belasan Tahun Tidak Banjir, Cipadu Direndam Banjir 70 Cm Pagi ini

4. Banjir mengakibatkan longsor dan bangunan roboh di Bogor

Laporkan Banjir ke BNPB, Warga Bekasi hingga Bogor Minta BantuanHujan deras disertai angin kencang selama hampir 30 menit menyebabkan sebagian besar wilayah Kota Tegal dikepung banjir, Selasa (31/12) petang. IDN Times/ Muchammad Haikal

Tak hanya warga wilayah Bekasi, warga Bogor juga melaporkan dampak banjir yang terjadi sejak tadi malam kepada BNPB. Pukul 04.24 WIB warga Bumi Mutiara, RT.01 /38 Bogor melaporkan, lapangan Bulu Tangkis mengalami longsor akibat banjir itu.

Lalu warga RT 01/09 Dusun III Desa Bojongkulur Bogor, melaporkan banjir itu mengakibatkan 2 bangunan ambruk dan terjadi longsor. Karena hal tersebut saat ini ada korban yang terjepit bangunan, dan belum bisa terselamatkan.

 

Baca perkembangan terkini tentang banjir dan artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Warganet Teriak #Banjir, Kado Terindah Awal Tahun

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya