Profil Bambang Heriyanto, Jubir Vaksin yang Jadi Apoteker Karena Ayah

Bambang bertugas terangkan soal distribusi vaksin COVID-19

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah menunjuk lima juru bicara Vaksin COVID-19 pada Desember 2020 lalu. Salah satu nama yang menjadi jubir vaksin adalah Bambang Heriyanto, yang kini juga menjabat sebagai Corporate Secretary Bio Farma.

Bergelut di bidang kesehatan, siapa sangka pria kelahiran 1970 ini ternyata anak seorang guru. Dia memilih terjun ke dunia kesehatan salah satunya lantaran sang ayah ingin anak-anaknya berprofesi di bidang tersebut.

"Bapak saya guru akuntansi, gak ada hubungannya sebenarnya (dengan kesehatan), tapi beliau concern, ingin anak-anaknya concern di bidang ini," katanya kepada IDN Times, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga: Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksin COVID-19, Siapa Saja?

1. Menilai ilmu apoteker sebagai ilmu yang penuh dengan seni

Profil Bambang Heriyanto, Jubir Vaksin yang Jadi Apoteker Karena AyahBambang Heriyanto, Jubir Vaksin (Youtube.com/BNPB)

Keinginan sang ayah agar anaknya fokus ke bidang kesehatan, tak hanya membuat Bambang saja yang sukses terjun ke dunia itu. Pria kelahiran Cirebon ini mengaku, seluruh saudara kandungnya berprofesi di bidang yang sama. Karena alasan itu pula, kata dia, pada 1990 dia mengambil jurusan apoteker di ITB.

"Kakak saya dokter gigi, saya apoteker, adik saya dokter anestesi, adik saya lagi apoteker. Jadi kalau ngobrol di keluarga lebih nyambung," ujarnya.

Bambang merasa beruntung menjadi lulusan apoteker. Bagi dia, ilmu apoteker merupakan ilmu yang penuh dengan seni.

"Apoteker itu ada seninya. Seni meracik, legal artist-nya kalau dibilang. Apoteker harus bisa meramu obat. Seperti juru masaklah," ujarnya.

2. Dari awal sudah berkarier di Bio Farma

Profil Bambang Heriyanto, Jubir Vaksin yang Jadi Apoteker Karena AyahLogo Biofarma (Website/biofarma.co.id/)

Setelah menyesaikan gelar S1 Apoteker di ITB pada 1995, Bambang langsung mengawali karier di Bio Farma yang bertahan hingga sekarang.

Awalnya pada 1996, dia bergabung di Pruficstion and Diagnostic Department sebagai staf. Berbagai posisi pun pernah dia jajal, di antaranya sebagai Head of Department Sera and Diagnostics Production, Head of Division Audit and Internal Control, dan kemudian Head of Corporare Secretary di Bio Farma.

Kemudian pada 2005, dia melanjutkan study di Universitas Padjajaran Bandung, Jawa Barat.

3. Jadi jubir, Bambang bertugas menerangkan soal pendistribusian vaksin yang merata di Indonesia

Profil Bambang Heriyanto, Jubir Vaksin yang Jadi Apoteker Karena AyahIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada Desember lalu, tepatnya pada 7 Desember 2020, Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan, pemerintah telah menunjuk lima juru bicara vaksinasi COVID-19.

Johnny menyebutkan, Bambang akan bertugas menerangkan kepada masyarakat terkait pendistribusian vaksin yang merata di Indonesia.

"Dan juru bicara kelima yakni Corporate Secretary PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto, yang secara berkala akan menerangkan dari sisi logistik dan pendistribusian vaksin yang merata ke seluruh Indonesia," ujar Johhny.

Baca Juga: Antisipasi Efek Samping Vaksin COVID-19, DKI Siapkan 21 RS Rujukan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya