Comscore Tracker

Sistem Pembayaran Tiket di Pelabuhan Merak Dikeluhkan Penumpang

Belum semua tahu pembayaran menggunakan sistem cashless

Cilegon, IDN Times - Sejumlah penumpang yang hendak mudik melalui Pelabuhan Merak - Bakauheni, mengeluhkan sistem pembayaran tiket di Merak - Bakauheni yang menggunakan uang elektronik. Salah seorang penumpang, dengan inisial BY mengatakan dirinya sempat merasa terkendala saat hendak melakukan pembayaran.

"Tadi ada kendala saldonya belum diaktivasi jadi harus di aktivasi dulu, nah itu jadi banyak penumpukan akhirnya, " Katanya kepada IDN Times, Jumat (31/5).

BY dan keluarganya merupakan pemudik yang berkendara roda empat. Mereka berasal dari Jakarta dan akan mudik ke Baturaja, (Lampung) dengan menumpang kapal eksekutif.

Hal yang serupa juga dialami oleh seorang penumpang yang datang dari Ciujung Tanggerang. Ia mengatakan pelayanan kali ini relatif lama salah satunya karena adanya sistem pembayaran baru yang diterapkan.

"Pelayanannya lama banget, ya salah satunya karena pembayaran itu," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan dan PT ASDP Indonesia Ferry menerapkan pembayaran tiket penyeberangan di Merak-Bakauheni dengan uang elektronik. Hal ini berlaku bagi semua pemudik yang menumpang kapal, yang berkendara maupun tidak.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, mengimbau agar penumpang tidak lupa membawa e-- KTP. Proses pemasukan data pribadi penumpang untuk mudik tahun ini dilakukan melalui e-KTP. "Kemudian akan dimasukkan ke dalam card reader. Lalu, data penumpang akan otomatis masuk ke dalam manifes kapal."

Ira juga mengimbau agar penumpang berangkat di siang hari dan tetap menjaga ketertiban. Selain itu, penumpang diingatkan membawa uang non tunai. "Bawa kartu dalam artian uang non tunai agar prosesnya cepat, " ucapnya.

Baca Juga: 1.835 Orang Mudik Gratis Berangkat dari Bandung, Subang, dan Jakarta

https://www.youtube.com/embed/m8G63MS2Vvs

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You