Comscore Tracker

2.000 Personel Dikerahkan untuk Amankan Demo Persaudaraan Alumni 212

Demo untuk menuntut pemberantasan mega korupsi di NKRI

Jakarta, IDN Times - Polisi dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat bersama TNI, sudah siap mengawal aksi demo yang akan digelar Persaudaraan Alumni (PA) 212, Jumat (21/2) siang ini. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus.

"Sudah siap dengan kekuatan sekitar 2.000 personel yang kita turunkan, untuk kesiapan pengamanan siang nanti," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. Demo bertujuan untuk menuntut pemberantasan mega korupsi di NKRI.

Baca Juga: Demo PA 212 Digelar Jumat Mendatang, Polisi: Cuma 2 Jam

1. Polisi ingatkan batas aksi demo pukul 18.00 WIB

2.000 Personel Dikerahkan untuk Amankan Demo Persaudaraan Alumni 212IDN Times/Candra Irawan

Polisi sudah menerima surat pemberitahuan terkait aksi itu pada Kamis (20/2) kemarin. Yusri berharap, aksi demo yang akan digelar usai salat Jumat ini berjalan dengan aman dan damai.

"Intinya adalah Polri dalam hal ini siap mengawal dan mengamankan kegiatan ini sampai selesai. Sesuai yang diatur Undang-Undang (UU) No. 9 Tahun 2019 tentang penyampaian pendapat di muka umum, batas waktu 18.00 WIB," ungkap Yusri.

2. Rekayasa lalu lintas bersifat situasional

2.000 Personel Dikerahkan untuk Amankan Demo Persaudaraan Alumni 212IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Terkait demo ini, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Namun, semuanya masih bersifat situasional.

"Penutupan jalan situasional, kalau memang harus dengan penutupan kita siapkan di titik-titik di mana pengalihan arus. Personel sudah kita floating," jelasnya.

Berikut ini rekayasa lalu lintas terkait aksi PA 212.

1. Arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan menuju ke Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jl Merdeka Timur yang akan menuju ke Jl Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jl Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jl Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jl Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jl Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke J Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin, dan arus lalu lintas dari Jl Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Adul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jl Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis, dan arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jl Muesum diluruskan ke Jl Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari Jl Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda, dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

3. Aksi demo untuk menuntut pemberantasan mega korupsi di NKRI

2.000 Personel Dikerahkan untuk Amankan Demo Persaudaraan Alumni 212Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif. (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sebelumnya, Yusri mengatakan, aksi akan dilaksanakan di sekitar patung kuda dan Istana Negara, Jakarta Pusat.

"(Massa) sekitar hampir 2.000an lah yang akan hadir. Juga katanya kegiatan humanis yang akan ditampilkan teman-teman saudara kita nanti," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (19/2).

"Tapi menurut teman-teman sana gak terlalu besar (jumlah massanya), hanya kegiatan selama 1-2 jam saja," sambungnya.

Untuk diketahui, aksi yang digelar PA 212 ini mengusung tema berantas mega korupsi di NKRI. Hal-hal yang akan disuarakan terkait kasus dugaan suap anggota DPR yang melibatkan eks caleg PDIP Harun Masiku, eks komisioner KPU Wahyu Setiawan, hingga kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.

Baca Juga: Polri: Penyembunyi Harun Masiku Bisa Dipidana

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya