77 Perwira Tinggi Polri Naik Pangkat Hari Ini, Termasuk Boy Rafli 

Jadi Kepala BNPT, Boy Rafli naik pangkat jadi Komjen 

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, hari ini akan memimpin upacara Korps Raport atau kenaikan pangkat terhadap 77 Perwira Tinggi (Pati) Polri. Kegiatan itu diadakan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol. Awi Setiyono mengungkapkan, dalam Korps Raport ini ada tiga Pati diangkat sebagai Komisaris Jenderal (Komjen) atau Jenderal bintang tiga.

"Dalam Korps Raport kali ini, ada tiga kenaikan dari Irjen ke Komjen. Di antaranya, Komjen Boy Rafli sebagai Kepala BNPT, Komjen Andap Budi Revianto selaku Inspektur Jenderal Kemenkumham dan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kabaintelkam Polri," kata Awi dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (19/5).

1. Ini rincian Pati yang naik pangkat Irjen dan Brigjen

77 Perwira Tinggi Polri Naik Pangkat Hari Ini, Termasuk Boy Rafli Pelantikan Perwira Tinggi Polri, Jumat (8/5) (Dok. Humas Polri)

Sementara itu, ada 26 personel Korps Bhyangkara yang dinaikkan pangkatnya dari Brigadir Jenderal (Brigjen) ke Inspektur Jenderal (Irjen). Mereka adalah, AS SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Wahyudi Hidayat. Lalu, Kandesus 88 Polri Irjen Marthinus Hukom, Gubernur Akpol Irjen M. Asep Syahrudin.

"Serta sepuluh Kapolda, yakni Kalimantan Utara, Bengkulu, Gorontalo, Bangka Belitung, Maluku Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Serta 16 jabatan Irjen lainnya di internal Polri," jelasnya.

Kemudian, untuk kenaikan pangkat dari jabatan Komisaris Besar (Kombes) ke Brigjen ada 48 personel yang diangkat. Di antaranya adalah, Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Suwondo Nainggolan, Direktur Tindak pidana Khusus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono dan Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Muharrom Riyadi.

Baca Juga: Boy Rafli Jawab Kritikan atas Penunjukannya sebagai Kepala BNPT

2. Acara kenaikan pangkat hanya dihadiri Pati Polri yang berdinas di Jakarta

77 Perwira Tinggi Polri Naik Pangkat Hari Ini, Termasuk Boy Rafli (Ilustrasi anggota polisi) Dok. Humas Polri

Awi menambahkan, acara kenaikan pangkat ini hanya dihadiri oleh Pati Polri yang berdinas di DKI Jakarta guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Yang hadir upacara pejabat yang dinas di Jakarta saja, sementara yang berdinas di luar Jakarta mengikuti melalui virtual di tempat masing-masing," ujar Awi.

3. Tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19

77 Perwira Tinggi Polri Naik Pangkat Hari Ini, Termasuk Boy Rafli Pelantikan Perwira Tinggi Polri, Jumat (8/5) (Dok. Humas Polri)

Pelantikan para jenderal itu, kata Awi, dilaksanakan sesuai dengan memperhatikan standar protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Pelaksanaan upacara tetap menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," ucap Awi.

Korps Raport ini merupakan kelanjutan dari Surat Telegram Rahasia (TR) yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis pada 1 Mei 2020 lalu.

Antara lain, ST/1377/V/KEP/2020, ST/1378/V/KEP/2020, ST/1379/V/KEP/2020, ST/1380/V/KEP/2020, ST/1381/V/KEP/2020, ST/1382/V/KEP/2020, ST/1383/V/KEP/2020.

Baca Juga: Jadi Kepala BNPT, Ini Sepak Terjang Boy Rafli di Korps Bhayangkara

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya