8 Mal di Jakarta yang Mulai Buka Layanan SIM Hari Ini

Masa dispensasi perpanjangan SIM diperpanjang hingga Agustus

Jakarta, IDN Times - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, delapan unit gerai SIM di mal-mal DKI Jakarta kembali beroperasi mulai hari ini. Hal ini bersamaan dengan dibukanya sejumlah mal di Ibu Kota, yang sempat ditutup sementara sejak DKI menerapkan PSBB.

Meski telah dibuka, jumlah pemohon dibatasi di setiap gerai SIM setiap harinya. Hal ini guna mencegah penyebaran virus corona.

"Seratus sampai 150 pemohon (SIM) per hari, tergantung kapasitas ruang tunggunya," kata Sambodo saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (15/6).

Baca Juga: Tidak Perpanjang SIM Hingga 30 Juni? Siap-siap Buat SIM Baru

1. Ini delapan unit gerai SIM yang beroperasi lagi di mal-mal DKI Jakarta

8 Mal di Jakarta yang Mulai Buka Layanan SIM Hari IniGerai SIM di 8 Mal DKI Jakarta yang beroperasi kembali (Dok. Polda Metro Jaya)

Berikut delapan unit gerai SIM yang beroperasi lagi di mal-mal DKI Jakarta:

  1. Unit Gerai SIM Gandaria City - (Senin-Sabtu pukul 12.00-18.00 WIB)
  2. Unit Gerai SIM Artha Gading - (Senin-Sabtu pukul 12.00-18.00 WIB)
  3. Unit Gerai SIM Pluit Village - (Senin-Minggu pukul 12.00-18.00 WIB)
  4. Unit Gerai SIM Taman Palem - (Senin-Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB)
  5. Unit Gerai SIM Lippo Puri - (Senin-Sabtu pukul 10.00-16.00 WIB)
  6. Unit Gerai SIM Blok M Square - (Senin-Sabtu pukul 10.00-14.00 WIB)
  7. Unit Gerai SIM Mal Pelayanan Publik - (Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB)
  8. Unit Gerai SIM Tamini Square - (Senin-Sabtu pukul 11.00-19.00 WIB)

2. Masa dispensasi perpanjangan SIM hingga Agustus 2020

8 Mal di Jakarta yang Mulai Buka Layanan SIM Hari IniIlustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan, pihaknya memperpanjang masa perpanjangan SIM di sejumlah daerah. Hal ini dikarenakan banyaknya antrean pemohon perpanjangan SIM di sejumlah wilayah.

"Polda yang diberikan dispensasi perpanjangan SIM adalah Polda Metro Jaya, Polda Kaltim, dan Polda Jatim yang khusus untuk Polrestabes Surabaya. (Dispensasi) mulai tanggal 2 Juni hingga 31 Agustus 2020," kata Yusri saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (10/6) lalu.

Dispensasi perpanjangan SIM itu hanya dikhususkan bagi masyarakat yang masa berlaku SIM-nya telah habis sejak 17 Maret hingga 29 Mei 2020.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya menambah fasilitas SIM keliling di dua lokasi. Layanan SIM keliling sudah beroperasi sejak pukul 08.00 WIB, serta kuota pemohon SIM dibatasi.

"Ada enam SIM keliling. Tiga di (Satpas SIM) Daan Mogot, tiga di Masjid At Tin Taman Mini," kata Sambodo.

3. Layanan SIM di Satpas dan Polres hanya beroperasi hingga siang hari

8 Mal di Jakarta yang Mulai Buka Layanan SIM Hari IniIlustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Untuk diketahui, layanan SIM telah dibuka sejak Sabtu (30/5) lalu. Untuk waktu pelayanannya, hanya sampai siang hari yakni Senin-Jumat pukul 08.00-13.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 -12.00 WIB.

Masyarakat juga diminta menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Di antaranya mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengenakan masker. Pihak kepolisian juga harus membersihkan fasilitas pelayanan setiap hari menggunakan disinfektan.

Untuk kawasan Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), layanan SIM bisa dilaksanakan di Satpas dan Polres yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Di antaranya Satpas SIM Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Satpas Jakarta Utara, dan Satpas SIM Jakarta Selatan.

Kemudian di Polres Tangerang Selatan, Polres Metro Tangerang Kota, Polres Metro Depok, Polres Metro Bekasi Kota, dan Polres Metro Bekasi Kabupaten.

Baca Juga: Dispensasi Perpanjangan SIM Diperpanjang hingga Agustus 2020

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya