84 Wartawan Positif COVID-19, Gedung iNews Sempat Tutup 3 Hari

84 wartawan itu selalu di lapangan dan tidak ke kantor

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, 84 wartawan iNews dinyatakan positif terpapar COVID-19. Hal ini berdasarkan hasil PCR test bekerja sama dengan Badan Intelejen Negara (BIN) di MNC Center, Jakarta Pusat pada Senin (7/9/2020) lalu.

"Hasilnya keluar pada Rabu, 9 September 2020 terdapat 88 yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dengan rincian, 84 orang sebagai wartawan iNews yang tidak pernah ke kantor atau tugas lapangan dan 4 orang bukan karyawan MNC," kata Andri saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (12/9/2020).

1. Seluruh karyawan menerapkan WFH

84 Wartawan Positif COVID-19, Gedung iNews Sempat Tutup 3 HariIlustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Andri mengatakan, pada tanggal 9, 10, sampai 11 September 2020, Gedung iNews ditutup sementara. Selain itu, seluruh lantai disemprot disinfektan. Andri menuturkan, terkait kronologis dan hasil PCR test diberikan langsung kepada manajemen MNC, pada Jumat (11/9/2020) kemarin.

"Sudah diterapkan WFH (work from home) kepada seluruh karyawan," ucap Andri.

Baca Juga: New Normal, Wartawan yang Meliput Kegiatan Presiden Dibatasi

2. Satgas COVID-19 sebut klaster perkantoran dipicu dari aktivitas makan siang

84 Wartawan Positif COVID-19, Gedung iNews Sempat Tutup 3 HariJuru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya diberitakan IDN Times, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan, aktivitas makan siang dan beribadah saat di kantor menjadi salah satu sebab penyebaran virus corona di Tanah Air.

"Proses penularan klaster yang mungkin terjadi di perkantoran juga bisa diakibatkan karena aktivitas di dalam kantor, termasuk pada saat istirahat makan siang dan beribadah," kata Wiku dalam siaran di channel YouTube BNPB Indonesia, Senin (31/8/2020).

Wiku meminta setiap kantor menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk saat kegiatan makan siang.

"Dalam kegiatan makan siang untuk menjaga jarak karena di situ masyarakat melepaskan maskernya. Demikian juga transportasi umum tetap ketat untuk menjaga tidak boleh ada kepadatan dan jaga jarak karena potensi untuk menimbulkan penularan," kata dia.

3. Karyawan yang lanjut usia dan memiliki penyakit bawaan diminta tidak ke kantor

84 Wartawan Positif COVID-19, Gedung iNews Sempat Tutup 3 HariIlustrasi Bekerja Redaksi News (IDN Times/Dian Ayugustanty)

Wiku juga meminta badan usaha mengimplementasikan kerja dari rumah dan mengurangi kapasitas karyawan di kantor menjadi 50 persen. Sehingga, penularan tidak terjadi di kantor.

"Di dalam pelaksanaan perkantoran ini harus dijaga betul kapasitas kantor maksimum 50 persen dan tetap harus mengimplementasikan WFH," ujar Wiku.

Dia juga meminta orang berusia lanjut dan memiliki penyakit bawaan tidak datang ke kantor. Karena mereka akan memiliki risiko penularan yang besar.

"Karena risiko terjadinya penularan yang ada, baik dalam proses perjalanan menuju kantor, di kantor, mau pun kembalinya," Wiku menjelaskan.

Baca Juga: 1 Orang Positif COVID-19, Puluhan Wartawan di Padang Jalani Swab  

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya