Sindir Rizieq Shihab, Pangdam Jaya: Prihatin Ada Habib Ucapannya Kotor

Pangdam Jaya akan hajar orang yang ganggu persatuan Jakarta

Jakarta, IDN Times - Panglima Komando Daerah Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachaman, menanggapi soal hujatan yang beberapa kali dilontarkan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kepada jajarannya. Menurutnya, seseorang yang memiliki predikat habib seharusnya memiliki ucapan yang baik.

"Ucapan dan tindakan harus baik. Saya sebagai orang Islam prihatin kalau ada seorang habib di peringatan Maulid Nabi bahasa dan ucapannya kotor. Saya prihatin dan tidak terima sebagai orang Muslim," kata dia usai apel pasukan di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Klarifikasi Kerumunan Rizieq, Ridwan Kamil Penuhi Panggilan Bareskrim

1. Pandam Jaya ancam bubarkan FPI

Sindir Rizieq Shihab, Pangdam Jaya: Prihatin Ada Habib Ucapannya KotorPoster pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Beberapa waktu lalu, viral di media sosial orang berbaju loreng layaknya TNI menurunkan spanduk atau baliho bergambar Rizieq Shihab. Dudung pun mengakui, penurunan baliho itu adalah perintah dirinya.

"Kalau masang baliho sudah jelas ada aturannya. Ada bayar pajak dan tempat ditentukan. Jangan seenaknya sendiri, seakan-akan dia paling benar. Gak ada itu. Jangan coba-coba pokoknya. Kalau perlu FPI bubarkan saja itu. Bubarkan saja," kata dia.

Dudung juga memastikan, akan membersihkan semua baliho yang dinilai tidak sesuai aturan itu. Ia mengingatkan, TNI tidak segan menindak tegas.

"Jangan merasa mewakili umat Islam, tidak semua. Banyak umat Islam yang berkata, berucap, dan bertingkah laku baik," ucap dia.

2. Dudung ancam yang ganggu persatuan di Jakarta akan dihajar TNI

Sindir Rizieq Shihab, Pangdam Jaya: Prihatin Ada Habib Ucapannya KotorPanglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Dudung Abdurachman (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Beberapa waktu lalu, pasukan TNI sempat berpatroli di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat. Dudung menuturkan, kegiatan itu adalah patroli rutin untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya panglimanya, jangan coba-coba mengganggu persatuan dan kesatuan yang ada di Jakarta. Kalau mencoba mengganggu, akan saya hajar nanti," tutur dia.

3. Sejumlah kegiatan Rizieq Shihab yang menjadi sorotan

Sindir Rizieq Shihab, Pangdam Jaya: Prihatin Ada Habib Ucapannya KotorPimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Rizieq Shihab tiba di tanah air dari Arab Saudi sejak Selasa 10 November 2020. Kepulangannya disambut ribuan pendukungnya hingga membuat kerumunan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Sorotan kembali terjadi ketika Rizieq menggelar acara pernikahan putrinya sekaligus acara Maulid Nabi pada Sabtu, 14 November 2020. Acara yang dihadiri ribuan orang itu, diduga melanggar protokol kesehatan COVID-19.

Dalam acara itu, Rizieq turut berkomentar mengenai adanya anggota TNI yang ditahan karena menyambut kedatangannya. Ia menilai, hal itu kurang ajar.

"Ada prajurit TNI sekadar mengucapkan selamat datang, ditahan. Kurang ajar!" ucap Rizieq seperti dilansir dari saluran YouTube Front Tv.

Perlu diketahui, Rizieq Shihab kembali ke Indonesia dengan menggaungkan gerakan revolusi akhlak, sebagai pengganti revolusi mental dari pemerintah yang dinilai gagal.

Baca Juga: Tak Hanya Acara Rizieq, Ini 5 Kerumunan Heboh selama Pandemik COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya