Bantah Diperiksa untuk Eggi, Hanum Rais: Jadi Saksi Ratna Sarumpaet

"Bukan untuk Pak Eggi ya, ada kesalahan.."

Jakarta, IDN Times - Hanum Rais, putri dari Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN), Amien Rais, telah selesai menjalani pemeriksaan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya. Hanum keluar dari ruang pemeriksaan sekitar pukul 21.10 WIB, Senin (27/5).

Hanum mengatakan bahwa dirinya diperiksa sebagai saksi atas kasus penyebaran berita bohong atau hoaks penganiayaan yang menjerat Ratna Sarumpaet.

"(Diperiksa) sebagai saksi kasus Ibu Ratna Sarumpaet jadi bukan untuk Pak Eggi Sudjana ya, ada kesalahan," kata Hanum di Polda Metro Jaya, Jakarta.

1. Hanum bantah dirinya diperiksa terkait kasus makar Eggi Sudjana

Bantah Diperiksa untuk Eggi, Hanum Rais: Jadi Saksi Ratna SarumpaetIDN Times/Axel Joshua Harianja

Sebelumnya, Hanum Rais disebut-sebut menjalani pemeriksaan terkait kasus makar yang menjerat Advokat Eggi Sudjana. Ia pun membantah kabar tersebut.

Hanum juga mengatakan, dia telah hadir di Polda Metro Jaya sejak pukul 11.00 WIB. Dalam pemeriksaan itu, dia dicecar sekitar 20 pertanyaan oleh penyidik yang berkaitan dengan kasus Ratna Sarumpaet.

"Ada 20 pertanyaan kira-kira dan Alhamdulillah sudah saya ungkapkan semua yang saya tahu dan tadi sempat juga salat diberi kesempatan salat magrib, asar, zuhur bahkan buka puasa bersama disuguhi oleh para staf di sini. Jadi Alhamdulillah sudah selesai," jelas Hanum.

Baca Juga: Bersaksi di Sidang Ratna Sarumpaet, Tompi Sebut Hanum Rais Konyol

2. Ratna ungkap kronologi operasi plastik dirinya

Bantah Diperiksa untuk Eggi, Hanum Rais: Jadi Saksi Ratna SarumpaetIDN Times/Gregorius Aryodamar

Dalam persidangan Selasa (14/5) lalu, Ratna diminta hakim ketua Joni untuk membeberkan kembali kronologi awal ketika ia menjalani operasi.

Ratna menjelaskan, ia sudah sekitar empat kali menjalani operasi plastik. Operasi plastik pertamanya dilakukan ketika Ratna berusia 65 tahun. Saat akan menjalani operasi plastik terakhir, Ratna berpamitan ia akan pergi ke Bandung. Ia beralasan, hal itu dilakukannya karena merasa malu.

"Awalnya saya berniat operasi plastik sedot lemak. Walau saya sudah berapa kali melakukan hal itu, mungkin karena saya melakukan kemarin saya merasa sudah ada umur, dan mungkin saya malu, dan saya seperti berusaha menutupi. Jadi, waktu saya berangkat meninggalkan rumah ke Bina Estetika, saya katakan mau ke Bandung," jelas Ratna di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa lalu.

Kemudian, Ratna berangkat dari kediamannya di daerah Kampung Melayu, Jakarta Timur ke Rumah Sakit Bina Estetika menggunakan taksi. Ibunda Atiqah Hasiholan itu mengatakan selama berkali-kali menjalani operasi plastik, ia tak pernah berkabar kepada siapa pun termasuk keluarganya.

Dalam persidangan tersebut, Ratna beberapa kali tidak langsung menjawab ketika ditanya hakim. Ia sempat terdiam sambil terlihat berpikir atau mengingat sebelum akhirnya menjawab.

3. Ratna didakwa membuat keonaran melalui informasi bohong yang dibuatnya

Bantah Diperiksa untuk Eggi, Hanum Rais: Jadi Saksi Ratna SarumpaetIDN Times/Margith Juita Damanik

Ratna Sarumpaet ditahan polisi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus hoaks, Jumat, 5 Oktober 2018. Ratna sempat membuat heboh publik karena mengaku dipukuli sejumlah orang di Bandung pada 21 September tahun lalu. Belakangan, diketahui bahwa Ratna sebenarnya baru saja menjalani operasi plastik di RS Bina Estetika, Jakarta.

Jaksa Penuntut Umum mendakwa Ratna dengan dakwaan tunggal. Dia didakwa melanggar Pasal 14 ayat (1) UU No. 1 Thn 1946 ttg Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Thn 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Thn 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ratna didakwa telah membuat keonaran melalui informasi bohong yang dibuatnya.

Baca Juga: [BREAKING] Begini Kronologi Ratna Sarumpaet Operasi Plastik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya