Comscore Tracker

Banyak Masalah Timbul di Medsos, Henry Manampiring: Itu Faktor Emosi

Seringkali masalah di medsos itu bukan karena kontennya

Jakarta, IDN Times - Siapa yang tak kenal dengan penulis  Filosofi Teras? Yups, Henry Manampiring merupakan orang di balik suksesnya buku tersebut. Dia juga dikenal melalui akun-akun media sosialnya dengan nama Oom Piring khususnya Twitter di akun @newsplatter.

Dalam acara Indonesia Writers Festival (IWF) 2019 di sesi 'Eksis Berfaedah di Media Sosial', Henry menjelaskan mengapa media sosial sering menimbulkan masalah seperti halnya konten-konten yang memicu perdebatan.

"Ini teori saya dan hipotesa saya. Ini bisa dijadiin judul Skripsi. Bagi saya, banyak masalah di media sosial itu bukan karena kontennya. Tapi ada faktor lain, yaitu emosi," jelasnya di Function Hall, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (6/9).

"Baca dikit marah, jadi twit war, ditambahin bumbu emosi jadi melebar ke mana-mana. Ini kalau pemikiran saya," sambungnya.

Emosi kata Henry, timbul karena manusia seringkali tidak menyadari apa yang ada diluar kendali mereka. Alhasil, banyak orang yang mudah marah dan tersinggung terhadap sebuah konten.

"Jadi terimalah realita. Kalau kita marah-marah terus mau sampai kapan ?," kata Henry.

Selain itu, emosi menurut Henry timbul akibat kepercayaan masing-masing orang. Ketika seseorang membaca sebuah konten yang bersifat provokatif, sebagian orang langsung terbawa suasana dan atau yang disebut baper.

"Konten semua orang tidak bisa mengendalikan kita. Tapi respon terhadap konten itu, sebenarnya ada dibawah kendali kita," ucapnya.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Isi Acara IWF 2019, Ivan Lanin Berbagi Tips Anti-Bully di Medsos

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya