Bawa Anjing ke Masjid, SM Punya Riwayat Sakit Jiwa

SM terancam 5 tahun penjara jika kondisi psikologis normal

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, SM, 52, perempuan yang membawa seekor anjing ke dalam sebuah masjid di Kawasan Bogor, ternyata memiliki riwayat penyakit sakit jiwa.

"Jenis sakit jiwa stadium berapa nanti dokter ahli yang sampaikan. Tapi memang sudah ada riwayat. Tapi nanti dirawat dulu, sembuh apa enggak nanti akan disampaikan ahlinya," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/7).

1. SM masih menjalani pemeriksaan di RS Polri Kramatjati

Bawa Anjing ke Masjid, SM Punya Riwayat Sakit JiwaUnsplash/Rawpixel

Saat ini, menurutnya, SM tengah menjalani pemeriksaan kejiwaannya di Rumah Sakit (RS) Polri Kramatjati, Jakarta Timur.

"Nanti dari hasil pemeriksaan akan disampaikan ke media bahwa yang bersangkutan mengalami depresi jenisnya apa, dan yang bersangkutan juga memiliki riwayat pernah dirawat di rumah sakit jiwa tahun berapa nanti disampaikan semuanya secara lengkap, termasuk proses penanganan kasus ini," jelas Dedi.

Baca Juga: MUI: Jangan Terprovokasi Kasus Wanita Bawa Anjing ke Masjid

2. SM terancam lima tahun penjara

Bawa Anjing ke Masjid, SM Punya Riwayat Sakit JiwaIDN Times/Dok. Humas Polres Bogor

Dilansir dari Antara, SM masuk ke dalam Masjid Al Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (30/6) kemarin, dengan membawa seekor anjing.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika mengatakan apabila terbukti tidak mengalami gangguan kejiwaan, SM akan dikenakan pasal 156 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun.

Dicky kemudian memaparkan kronologi peristiwa itu. SM kala itu, memasuki masjid Al Munawaroh dengan membawa seekor Anjing dengan tujuan mencari suaminya. "Atas kejadian tersebut oleh jamaah, SM diusir keluar masjid dan tidak lama kemudian petugas polsek yang datang di TKP mengamankan pelaku," ujar Dicky.

SM kata Dicky kemudian dibawa ke Polres Bogor untuk dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. "Polres Bogor sudah kumpulkan 4 orang saksi dari DKM dan jamaah Masjid Al Munawaroh untuk diperiksa," kata Dicky.

3. DKM Al Munawaroh bantah bahwa pihaknya menikahkan suami SM

Bawa Anjing ke Masjid, SM Punya Riwayat Sakit JiwaIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Munawaroh Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Raudl Bahar membantah telah menikahkan suami dari SM.

"Tidak ada kegiatan pernikahan di sini, itu bohong. Oleh karena itu kita harus hati-hati. Mungkin ada pihak-pihak yang akan mengadu domba kita dengan orang lain," ujarnya saat disambangi awak media di Masjid Al Munawaroh, Minggu malam, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Bahar, perempuan itu datang ke masjid sekitar pukul 14.00 WIB dengan berteriak dan menyebutkan bahwa suaminya telah dinikahkan di masjid tersebut. SM, kata Bahar, juga sempat marah lantaran anjing yang diusir oleh jamaah dari dalam masjid hilang dari pandangan dan mengancam tidak mau pulang sebelum anjing miliknya ditemukan.

"Beberapa orang berusaha untuk menenangkan tetapi dia malah lebih galak ketimbang orang yang berusaha menenangkan. Bahkan keamanan di sini ditonjok bibirnya pecah dan giginya juga sedikit terganggu," kata Bahar.

Pihak DKM lantas menghubungi Polsek Babakan Madang untuk menindak SM. SM pun kemudian dibawa oleh anggota polisi ke Polres Bogor untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Viral, Perempuan Ini Bawa Anjing ke Masjid dan Tonjok Petugas

4. SM mengklaim suaminya akan menikah di Masjid itu

Bawa Anjing ke Masjid, SM Punya Riwayat Sakit JiwaIDN Times/Screenshot

Dalam potongan video yang viral, tampak perempuan yang mengenakan baju berwarna putih saat memasuki ruang utama masjid. Dia terlihat emosional dan berteriak sembari membawa seekor anjing berwarna hitam.

"Suami gue mau dikawinin di sini," sebut wanita yang belum sempat melepaskan alas kaki itu saat di dalam Masjid seperti dikutip dari Antara, Senin (1/7).

Pertengkaran pun terjadi antara SM dengan salah satu jamaah ketika SM menurunkan anjingnya ke karpet Masjid. SM juga berupaya merekam beberapa jamaah yang mencoba mengusirnya.

Baca Juga: Bawa Anjing ke Masjid, SM Terancam 5 Tahun Penjara

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya