Binus University Kembangkan Potensi Mahasiswa Lewat Artvolution

Artvol menampilkan karya seni dari 40 mahasiswa BNSD

Jakarta, IDN Times - Sebagai satu-satunya program dual award untuk jurusan fashion dan graphic design di Indonesia, Binus Northumbria School Of Design (BNSD) menggelar acara yang bertajuk Artvolusion (Artvol).

Dekan Binus Northumbria School of Design, Raymond Kosala mengatakan, Artvol sendiri merupakan salah satu selebrasi pameran karya tugas akhir mahasiswa Jurusan Fashion dan Graphic Design and New Media BNSD, serta karya proyek mahasiswa terbaik. Artvol kata Raymond, bertujuan untuk merayakan the world of art dan kreativitas yang ada di sekitar kehidupan manusia.

"Sehingga, lahirlah talenta-talenta baru. Artvol juga membuka peluang bagi para praktisi industri, untuk menemukan talenta baru yang memiliki peluang cemerlang di masa depan," katanya dalam Konferensi Pers di Ballroom The Hall-Senayan City, Jakarta Selatan, Jumat (5/7).

1. Artvol menampilkan karya seni dari 40 mahasiswa BNSD

Binus University Kembangkan Potensi Mahasiswa Lewat ArtvolutionIDN Times/Axel Jo Harianja

Di tempat yang sama, Head of Fashion Program Binus Northumbria School of Design, Ratna Dewi Paramita mengungkapkan, Artvol sendiri bukanlah acara yang pertama kali diselenggarakan BNSD. Artvol kata Ratna, sebelumnya lebih sering diadakan di lokasi mereka, yakni di FX Sudirman, Jakarta Pusat.

"(Artvol) Yang terbesar di Gedung (Hall Senayan City) sebesar ini," kata Ratna.

Acara ini menampilkan karya dari 40 mahasiswa yang berasal dari program fashion dan program Graphic Design and New Media. Hasil karya mereka juga ditampilkan melalui eksibisi atau pameran karya dan panggung fashion show .

Ratna menuturkan, Artvol menceritakan tentang celebration of arts, yaitu bagaimana dinamisnya seni serta perkembangan seni yang diajarkan kepada para mahasiswa BNSD.

"Jadi, apa yang dilihat disini adalah hasil pemikiran murid kita. Dimana mereka sebagai insan kreatif sudah memiliki karakter sendiri. Dan itu tugas kita untuk memaksimalkan potensi mereka," tutur Ratna.

Salah satu mahasiswa BNSD, Arintha Vysistha pun turut mengapresiasi diadakannya Artvol di Ballroom-The Hall Senayan City pada tahun ini. Menurutnya, para mahasiswa lebih bebas berekspresi dalam menciptakan pameran yang menarik, serta memperoleh peluang pasar yang lebih besar.

"Dulu kalo di FX (Sudirman) boothnya kecil-kecil. Jadi ngga maksimal seperti saat ini," ucapnya

2. BNSD itu apa sih?

Binus University Kembangkan Potensi Mahasiswa Lewat ArtvolutionIDN Times/Axel Jo Harianja

Binus Northumbria School Of Design (BNSD) merupakan sekolah desain bertaraf internasional. Pergururuan tinggi ini adalah hasil kolaborasi antara Binus University (Indonesia) dengan Northumbria University yang berada di Newcastle, Inggris.

BNSD sendiri memiliki empat jurusan yaitu, Fashion Design, Fashion Management, Graphic Design New Media, dan Interactive Digital Media.

3. BNSD satu-satunya universitas design di Indonesia yang memberikan dua gelar

Binus University Kembangkan Potensi Mahasiswa Lewat ArtvolutionIDN Times/Axel Jo Harianja

Selain itu, BNSD merupakan satu-satunya universitas design di Indonesia yang memberikan dua gelar (dual awards). Diantaranya, S1 dari Binus University dan S1 dari Northumbria University melalui program 4 + 0 (4 tahun kuliah di Indonesia) serta 3+1 (3 tahun kuliah di Indonesia dan 1 tahun di Inggris).

Program di BNSD juga dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa terjun ke dunia profesional baik di Industri ataupun kewirausahaan. Untuk itu, Senior Marketing Manager Binus International Program, Hendy Susanto pun menyarankan, para calon mahasiswa yang tertarik mengasah kemampuan dibidang fashion dan design, agar memilih BNSD sebagai tempat mereka mengembangkan potensinya.

"(BNSD) Sekolah fashion dan design bintang lima. (Jadi) tidak usah jauh-jauh sampai ke UK. Mengapa? karena BNSD ini menghadirkan dual award. 4 tahun dihadirkan semuanya di Indonesia," kata Hendri.

4. BNSD didukung fasilitas dan laboratorium yang lengkap dan terbaik

Binus University Kembangkan Potensi Mahasiswa Lewat ArtvolutionIDN Times/Axel Jo Harianja

Didukung oleh fasilitas dan laboratorium yang lengkap dan terbaik, mahasiswa BNSD juga diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dan kompetensi mereka dalam lingkungan belajar berstandar internasional.

Selain itu, BNSD sebagai kampus multiculture menerapkan beragam mata kuliah dari berbagai disiplin ilmu dalam kurikulumnya. Hal ini untuk membuka kesempatan bagi para mahasiswa, agar mengambil bagian dalam 'immersion dan research trip' di Indonesia atau ke luar negeri.

Sehingga, dapat melengkapi keterampilan penelitian mahasiswa dan pemahaman mereka tentang aspek budaya seni dan design.

"(BNSD) dari tahun ke tahun menambah fasilitas kita. Ada beberapa lab yang kita sediakan. Komputer, sampai tradisional untuk membantik. Bukan hanya tercanggih tapi juga yang dasar," jelas Raymond.

5. Acara diakhiri dengan Graduation Show

Binus University Kembangkan Potensi Mahasiswa Lewat ArtvolutionIDN Times/Axel Jo Harianja

Acara Artvol malam ini juga diakhiri dengan Graduation Show layaknya Jakarta Fashion Week. Para mahasiswa terlihat menampilkan karya-karya fashion mereka yang dihadiri oleh Binusian, orang tua mahasiswa, tamu undangan, praktisi dan industry profesionals.

Tak hanya itu, acara ini turut dihadiri oleh Faculty Head of International Development of Northumbria University, United Kingdom, Mr Craig Moore.

"Kelulusan itu adalah akhir dan juga awal sebuah perjalanan. Tetap berkarya, ciptakan tonggak tonggak sejarahmu jangan berhenti. Lakukan semuanya dengan senang hati, yang nanti pada suatu titik kalian akan menyadari di situlah suatu passion kalian dalam berkarya," ujar Raymond kepada para lulusan BNSD menutup sambutannya di seremoni Graduation Show BNSD malam ini.

Baca Juga: Wuih, Binus Masuk Top 1000 Perguruan Tinggi di Dunia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya