[BREAKING] Surat Suara Tercoblos, KPU-Bawaslu Kirim Tim ke Malaysia

Ketua KPU menyadari ini adalah hal yang sensitif

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengatakan, hingga malam ini pihak KPU masih mengklarifikasi sejumlah hal terkait kabar temuan surat suara tercoblos di Malaysia. KPU dan Bawaslu akan memberangkatkan tim ke Malaysia untuk mengonfirmasi masalah ini.

"KPU langsung mengontak teman-teman PPLN untuk segera melakukan pengecekan di lapangan, melakukan pemeriksaan untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi di sana sampai dengan malam ini semua masih on going proses karena saya minta laporannya yang detail jadi memang perlu klarifikasi terhadap beberapa hal," kata Arief saat jumpa pers di Gedung KPU Jakarta, Kamis (11/4).

Arief telah meminta pihaknya menelusuri sejumlah fakta di lapangan seperti lokasi ditemukan surat suara tercoblos, kemudian keaslian surat suara, berikut jumlah surat suara yang tercoblos.

"Siapa yang pertama kali menemukan kejadian itu, siapa yang membuat videonya, kemudian siapa yang melapor ke Panwas LN dan seterusnya. Lalu apa juga sikap dari otoritas setempat. Jadi mohon tidak mengambil kesimpulan sendiri-sendiri kemudian berpolemik," jelas dia.

KPU dan Bawaslu, kata Arief, memutuskan akan ada tim atau personel yang akan diberangkatkan dari Jakarta untuk meninjau langsung ke Malaysia. "Jangan dilihat ini sesuatu yang berlebihan, biasa saja kami kalau ada kejadian dalam negeri seperti ini juga langsung bertindak cepat."

"Kami minta mereka melakukan pemberitahuan tetapi karena ini menyangkut beberapa hal yang bisa sangat sensitif, itu ya karena berada di negara lain, maka kami melakukan pengecekan dengan sangat hati-hati," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Sikap KPU Jika Benar Ada Surat Suara Dicoblos di Malaysia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya