Buru Keberadaan Cai Changpan, Polisi Fokus di Tiga Lokasi Ini

Warga sempat melihat, namun tak tahu bahwa itu Cai Changpan

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan, pihaknya mengerahkan Brimob untuk mencari keberadaan Cai Changpan. WNA asal Tiongkok yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang ini, diduga berada di Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

"Hutan Tenjo ini cukup luas meliputi tujuh kelurahan. Sehingga, kita perkuat lagi dan tim masih bergerak di sana dan kita agak sedikit mengembang ke beberapa desa di sana. Yaitu pertama desa Babakan, kemudian Pasir Madang dan Pasar Rebo," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (5/10/2020).

1. Warga sempat melihat, namun tak tahu bahwa itu Cai Changpan

Buru Keberadaan Cai Changpan, Polisi Fokus di Tiga Lokasi IniIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Yusri mengungkapkan, berdasarkan keterangan saksi, Cai pernah terlihat di desa Babakan. Berdasarkan penuturan warga, Cai juga pernah ke luar dari Hutan Tenjo.

"Memang pernah keluar dari sana membeli makanan. Bertemu dengan warga pada saat itu, tapi warga tidak mengetahui pada saat itu yang bersangkutan pelarian dari Lapas Tangerang," ungkap Yusri.

"Makanya, sempat kami terus menyebarkan foto yang bersangkutan dan memberikan imbauan di sana," sambungnya.

Baca Juga: Kabur ke Hutan di Bogor, Napi Cai Changpan Punya Kemampuan Militer

2. Dua petugas lapas diduga terlibat dalam pencarian Cai Changpan

Buru Keberadaan Cai Changpan, Polisi Fokus di Tiga Lokasi IniIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham, sebelumnya sudah menonaktifkan lima petugas Lapas Kelas 1 Tangerang. Mereka dinonaktifkan, dalam rangka pemeriksaan.

Sementara itu, Yusri berujar, ada dua petugas Lapas yang diduga terlibat dalam pelarian Cai. Tim gabungan yang terdiri dari Lapas Tangerang, Polda Metro Jaya dan Polres Tangerang Kota, masih melakukan gelar perkara terkait kasus ini.

"Gelar perkara untuk bisa menentukan status dari dua pegawai Lapas yang kemarin sudah disampaikan. Kemarin inisial S sebagai Wadanru (Wakil Komandan Regu), kemudian satu lagi berinisial ES, PNS daripada kesehatan di Lapas sana. Ada indikasi kedua orang tersebut sehingga mengakibatkan larinya tersangka," ujar Yusri.

3. Cai Changpan sudah dua kali kabur dari Lapas

Buru Keberadaan Cai Changpan, Polisi Fokus di Tiga Lokasi IniCai Changpan, WNA asal Tiongkok yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang jadi DPO (Dok. IDN Times/Istimewa)

Diberitakan sebelumnya, Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang, sejak Senin 14 September 2020. Dia kabur lewat gorong-gorong lapas, usai menggali lantai kamar selnya selama delapan bulan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan polisi, Cai menggali lantai kamar selnya setiap hari, pada pukul 22.00-05.00 WIB. Dia menggali, menggunakan peralatan yang ada di dapur Lapas. Petugas baru menyadari Cai tidak ada di kamar selnya setelah 11 jam kabur. Polisi juga sudah meningkatkan status Cai menjadi daftar pencarian orang (DPO).

Cai Changpan dijebloskan ke penjara karena menyelundupkan 110 kilogram sabu di Banten pada 2016. Pada 24 Januari 2017, ia pernah kabur dari Rutan Mabes Polri di Cawang, Jakarta Timur, dengan melubangi tembok kamar mandi. Namun tiga hari kemudian, dia berhasil di tangkap di Sukabumi, Jawa Barat. Pada Juli 2017, Pengadilan Negeri Tangerang memvonis mati Cai Changpan.

Baca Juga: Patut Dicurigai, Ini 5 Keganjilan Kaburnya Napi Tiongkok Cai Changpan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya