Cegah COVID-19, Polda Metro Bagikan 500.000 Masker di Tempat Ibadah

Hal ini adalah upaya implementasi instruksi Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - TNI-Polri terus melakukan upaya guna memutus mata penyebaran COVID-19. Salah satu caranya dengan membagikan ribuan masker dan tempat cuci tangan di tempat ibadah di wilayah DKI Jakarta.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Roma Hutajulu mengatakan, pembagian ribuan masker dan tempat cuci tangan ini merupakan implementasi instruksi Presiden Joko "Jokowi" Widodo kepada jajaran TNI-Polri.

"Hari ini kami dari Polda Metro Jaya sudah membagikan masker 500 ribu di 35 lokasi yaitu kami utamakan di tempat peribadatan seperti di masjid, wihara, dan gereja," kata Roma di kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/9/2020).

1. Pembagian masker dan tempat cuci tangan bakal terus dilakukan

Cegah COVID-19, Polda Metro Bagikan 500.000 Masker di Tempat IbadahCegah COVID-19, Polda Metro Bagikan 500 Ribu Masker di Tempat Ibadah (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Pembagian masker dan tempat cuci tangan diserahkan secara simbolik di Masjid Al Abrar, Pejompongan. Menurut Roma, pemberian masker dan tempat cuci tangan adalah upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Jakarta yang kian meningkat.

Roma mengatakan, Polda Metro Jaya juga bersinergi dengan teman-teman Kodim, Koramil dan juga alumni Sesko TNI angkatan 46.

“Ini akan terus menerus kita lakukan terkait dengan pembagian tempat cuci tangan dan masker di DKI Jakarta. Ini upaya pencegahan COVID-19 yang semakin meningkat di DKI," kata mantan Kapolres Jakarta Pusat ini.

Baca Juga: Masker Kain 2 Lapis Sama Ampuhnya dengan Masker Bedah Menangkal Corona

2. Masyarakat diminta sadar 4 M untuk cegah penyebaran COVID-19

Cegah COVID-19, Polda Metro Bagikan 500.000 Masker di Tempat IbadahDirektur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Roma Hutajulu (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Dalam kesempatan itu, Roma juga memperkenalkan gerakan satu masker anggota untuk masyarakat. Roma pun mengingatkan, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya memerangi COVID-19.

“Kami berharap program satu masker anggota untuk masyarakat ini mencegah penyebaran COVID-19 dan masyarakat sadar 4 M tadi yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan," ucapnya.

3. Sinergitas TNI-Polri baru mampu cegah 5 persen penyebaran COVID-19

Cegah COVID-19, Polda Metro Bagikan 500.000 Masker di Tempat IbadahCegah COVID-19, Polda Metro Bagikan 500 Ribu Masker di Tempat Ibadah (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadir Krimsus) Polda Metro Jaya, AKBP Roberto Pasaribu menambahkan, dalam kegiatan hari ini pihaknya juga melakukan edukasi literasi digital, serta membagikan informasi terkait pelayanan masyarakat melalui portal elektronik polisikita.id.

Sementara itu, perwakilan alumni Sesko TNI angkatan 46, Kolonel Marinir Binsar Nainggolan mengatakan, sinergitas TNI Polri hanya mampu mencegah 5 persen penyebaran COVID-19.

"Sinergitas TNI Polri hanya mampu mencegah 5 persen penyebaran COVID-19. 90 persen lebihnya lagi apabila TNI-Polri dan seluruh masyarakat dapat melaksanakan program ini dan sadar dengan 4 M ini," ujarnya.

Pengurus DKM Masjid Al Abrar, Zainul Arifin, mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri yang telah membagikan masker dan tempat cuci tangan. Dengan ini, ia berharap masyarakat dapat disiplin dengan selalu menggunakan masker.

“Alhamdulilah terima kasih banyak kepada Polri-TNI. Semoga masyarakat disiplin memakai masker," ucapnya.

Baca Juga: Polda Metro Bagikan 5 Juta Masker untuk Kampanyekan Protokol Kesehatan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya