Cegah Klaster Keluarga, Lurah Petamburan akan Isolasi di Wisma Atlet

Isolasi mandiri di rumah dinilai tidak optimal

Jakarta, IDN Times - Lurah Petamburan, Jakarta Pusat Setiyanto sampai saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya karena terpapar COVID-19. Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan, Setiyanto rencananya akan dipindahkan ke rumah sakit.

"Beliau (Setiyanto) masih di rumah dinas lurah. Sudah persiapan untuk isolasi di tempat milik pemerintah," kata Erizon kepada IDN Times, Kamis (19/11/2020).

1. Isolasi mandiri di rumah dinilai tidak optimal

Cegah Klaster Keluarga, Lurah Petamburan akan Isolasi di Wisma AtletLurah Petamburan, Setiyanto (ANTARA/Livia Kristianti)

Erizon menilai, isolasi mandiri di rumah tidak optimal. Selain itu, isolasi di tempat yang sudah disediakan juga sebagai bentuk menjalankan anjuran pemerintah.

"Sebaiknya isolasi di fasilitas isolasi seperti Wisma Atlet. Khawatir kalau tidak disiplin, malah bisa jadi klaster keluarga," ucap Erizon.

Saat ditanyai apakah Setiyanto sudah dipindahkan ke Wisma Atlet, Erizon belum bisa memastikannya.

"Nanti saya cek ke puskesmas," katanya.

Baca Juga: Lurah Petamburan Setyanto Positif COVID-19 

2. Isolasi di Wisma Atlet demi kebaikan bersama

Cegah Klaster Keluarga, Lurah Petamburan akan Isolasi di Wisma AtletPemberitahuan layanan tatap muka ditiadakan selama tiga hari di Kelurahan Petamburan karena lurahnya terkonfirmasi positif COVID-19, Rabu (18/11/2020). (ANTARA/HO/Sekretaris Kelurahan Petamburan)

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Kelurahan Petamburan Sunardi mengatakan, Setiyanto kemungkinan akan menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet.

"Kalau pimpinan memfasilitasi, pasti mengikuti. Semua demi kebaikan bersama," katanya.

Sunardi menambahkan, pelayanan tatap muka di Kelurahan Petamburan saat ini ditutup sementara. Namun, masyarakat tetap bisa datang dengan cara menyerahkan berkas ke dalam drop box yang sudah disiapkan pihak kelurahan.

"(Ditutup) Mulai tanggal 18 sampai dengan 20 November 2020," ucapnya.

3. Setiyanto tidak memiliki gejala COVID-19

Cegah Klaster Keluarga, Lurah Petamburan akan Isolasi di Wisma AtletKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan, Setiyanto merupakan pasien COVID-19 tak bergejala. Karena itu, sesuai protokol kesehatan, maka penanganannya diserahkan ke Puskesmas terdekat.

"Setelah dilaksanakan swab PCR, sesuai dengan SOP penanganan suspek COVID-19 tanpa gejala, maka (Setiyanto) diserahkan ke Puskesmas Petamburan," kata dia di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu kemarin.

Setiyanto merupakan salah satu orang yang diperiksa oleh Polda Metro Jaya terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan Rizieq Shihab pada Sabtu 14 November 2020.

Selain Setiyanto, Gubernur DKI Anies Baswedan, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Camat Tanah Abang, hingga KUA Tanah Abang juga menjalani pemeriksaan.

Baca Juga: Lurah Kena COVID-19, Kantor Kelurahan Petamburan Jakpus Tutup 3 Hari

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya