Comscore Tracker

Cendekiawan Muslim Jalaludin Rakhmat Tutup Usia, Ini Profil Singkatnya

Selamat jalan Kang Jalal...

Jakarta, IDN Times - Cendekiawan Muslim sekaligus politisi dari PDI Perjuangan Jalaludin Rakhmat meninggal dunia pada Senin (15/2/2021). Kabar tersebut dibenarkan oleh mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"Selamat berpulang Kang Jalaluddin Rahmat..Terima kasih tiada terhingga, telah mencerahkan dan memperluas wawasan keislaman banyak anak muda pada era 1980-an..Berpulanglah sepenuh rela..Al-faatihah.. ⚘," cuit dia lewat akun Twitter @lukmansaifuddin, Senin (15/2/2021).

1. Jalaludin dikenal sebagai tokoh Syiah di Indonesia

Cendekiawan Muslim Jalaludin Rakhmat Tutup Usia, Ini Profil SingkatnyaJalaluddin Rakhmat. Dokumen Istimewa

Pria yang akrab disapa Kang Jalal ini lahir di Bandung pada 28 Agustus 1949. Kang Jalal dibesarkan di kalangan Nahdatul Ulama (NU). Tak hanya itu, ia juga aktif di gerakan Muhammadiyah.

Kang Jalal juga dikenal sebagai tokoh Syiah di tanah air. Ia tergabung dalam salah satu organisasi Syiah di Indonesia pada awal Juli 2020, yakni Jamaah Ahlulbait Indonesia (Ijabi).

Baca Juga: [BREAKING] Pakar Komunikasi Jalaluddin Rakhmat Meninggal Dunia

2. Menjadi dosen dan politisi

Cendekiawan Muslim Jalaludin Rakhmat Tutup Usia, Ini Profil SingkatnyaIDN Times/Margith Juita Damanik

Jalaludin Rakhmat memperoleh gelar master komunikasi dari Iowa State University dan doktor ilmu politik dari Australian National University. Ia kemudian menjadi dosen di Universitas Padjajaran sejak 1978.

Pada 2013, Kang Jalal memutuskan pensiun sebagai dosen. Pada 2014, ia terpilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dan bergabung di PDI Perjuangan. Di DPR, Kang Jalal bertugas di Komisi VIII.

Komisi itu bekerja sama dengan beberapa intansi seperti Kementrian Agama, Kementrian Sosial, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Amil Zakat Nasional (BAZN) dan Badan Wakaf Nasional (BWN).

3. Jalaludin Rakmat meninggal dunia di Bandung

Cendekiawan Muslim Jalaludin Rakhmat Tutup Usia, Ini Profil SingkatnyaIlustrasi Duka Cita (IDN Times/Arief Rahmat)

Kang Jalal mengembuskan napas terakhirnya di RS Sentosa, Bandung pukul 15.23 WIB. Mantan Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai, Kang Jalal merupakan sosok intelektual Indonesia.

"Turut berduka cita wafatnya Kang Jalaludin Rakhmat, seorg intelektual Indonesia n anggota @DPR_RI periode 2014-2019. Bukunya “Psikologi Komunikasi” sy baca ketika kelas 1 SMA thn 1987-1988. al Fatihah," cuit Fadli lewat akun Twitter @fadlizon.

Baca Juga: Hari Terakhir, Nur Rakhmat Resmi Mendaftar ke Gerindra Bantul

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya