Diguyur Hujan Semalaman, Pintu Air Manggarai Siaga 3

Jakarta akan diguyur hujan pada pagi dan dini hari

Jakarta, IDN Times - Hujan deras melanda beberapa wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sejak Kamis (21/2) malam. Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, karena hujan tinggi muka air (TMA) pintu air Manggarai berstatus waspada atau siaga 3 sejak pukul 06.00 WIB.

"(TMA) Manggarai 770 cm atau mendung (Waspada/Siaga 3)," demikian keterangan BPBD DKI Jakarta seperti dikutip dari akun Twitter @BPBDJakarta, Jumat (21/2).

Baca Juga: Kunjungi Korban Banjir, DPRD DKI Temukan Penyebab Banjir Jakarta

1. Sebagian besar pintu air masih berstatus normal

Diguyur Hujan Semalaman, Pintu Air Manggarai Siaga 3(ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Selain pintu air Manggarai, TMA di Pasar Ikan juga berstatus Siaga 3. TMA Pasar Ikan mencapai 198 cm dengan cuaca mendung. Namun, sebagian besar pintu air masih berstatus Normal atau Siaga 4. Sumber informasi ini didapatkan BNPB dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta.

Berikut rincian pintu air yang masih berstatus Siaga 4:
- Bendung Katulampa 50 cm
- Depok 150 cm
- Karet 430 cm
- Krukut Hulu 30 cm
- Pesanggrahan 100 cm
- Angke Hulu 150 cm
- Waduk Pluit - 165 cm
- Cipinang Hulu 105 cm
- Sunter Hulu 90 cm
- Pulo Gadung 360 cm

2. Segera hubungi 112 jika terjadi keadaan gawat darurat

Diguyur Hujan Semalaman, Pintu Air Manggarai Siaga 3Dokumen twitter @BPBDJakarta

Jika terjadi keadaan gawat darurat, BNPB mengimbau masyarakat untuk segera menghubungi 112. Layanan darurat 112 merupakan layanan milik Pemprov DKI Jakarta untuk merespons segala kondisi gawat darurat. Misalnya kebakaran, bencana alam, evakuasi, dan segala kondisi darurat lainnya.

Layanan tersebut terhubung selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Masyarakat juga tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan uang. Sebab, pelayanan ini bersifat gratis.

Lebih lanjut, BPBD DKI Jakarta mengimbau camat dan lurah menyiapkan pasukannya untuk mengantisipasi daerah rawan banjir atau longsor.

"Agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir/PKLG DSDA Kecamatan, segera tindak lanjuti genangan," imbau BPBD DKI Jakarta.

3. Jakarta akan diguyur hujan pada pagi dan dini hari

Diguyur Hujan Semalaman, Pintu Air Manggarai Siaga 3Ilustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan, cuaca di Ibu Kota pada hari ini sebagian besar diprediksi akan diguyur hujan pada pagi dan dini hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang, dengan durasi singkat di wilayah Jakbar, Jakpus, Jaksel dan Jaktim pada pagi dan dini hari," demikian keternagan di laman bmkg.go.id.

Baca Juga: Jakarta Hujan Deras, Makam di TPU Tegal Alur Terendam Banjir

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya