Ditanya Soal Pelantikan Ketua KPK, Irjen Firli: Saya Masih Kabaharkam

Sejumlah Pati Polri dilantik hari ini

Jakarta, IDN Times - Kepala Kepolisian Republik Indonesia  Jenderal Polisi Idham Azis, hari ini, Selasa (19/11) melantik sejumlah Perwira Tinggi Polri di Gedung Bareskrim Mabes Polri. Salah satunya, Irjen Pol Firli Bahuri yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Pada bulan Desember 2019 mendatang, Firli rencananya akan dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi  terpilih periode 2019-2023. Menanggapi hal itu, Firli menegaskan, dia masih fokus terhadap tugasnya di Kabaharkam.

"Saya belum bisa bicara kalau soal KPK, karena hari ini saya masih Kabaharkam. Kita fokus dulu kepada Kabaharkam," kata Firli usai pelantikan.

1. Tantangan Firli sebagai Kabaharkam

Ditanya Soal Pelantikan Ketua KPK, Irjen Firli: Saya Masih KabaharkamKabaharkam Polri, Irjen Pol Firli Bahuri (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Mantan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) itu menjelaskan, sebagai Kabaharkam, ada tantangan yang akan dihadapinya. Pertama, pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kedua, beberapa agenda nasional 270 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Yang ketiga, Indonesia negara besar negara kepulauan. Tentu Baharkam harus membuat kebijakan bagaimana bisa mengamankan wilayah yang luasnya 17 ribu pulau itu," jelas Firli.

Baca Juga: Sebelum Dilantik Jadi Ketua KPK, Firli Dapat Promosi Lagi di Polri

2. Polisi sudah memetakan daerah rawan pilkada

Ditanya Soal Pelantikan Ketua KPK, Irjen Firli: Saya Masih Kabaharkampolri.go.id

Firli melanjutkan, pihaknya sudah memetakan daerah mana saja yang rawan terkait Pilkada. Namun, ia enggan membeberkannya.

"Setiap Pilkada ada kerawanan mulai dari logistik, kampanye, pemungutan suara, penetapan suara, tahap siapa yang terpilih atau tidak, sampai tahap mungkin ada mengajukan gugatan di MK (Mahkamah Konstitusi)," jelasnya.

Firli akan dilantik sebagai Ketua KPK pada Desember mendatang. Hal ini menandakan, tugasnya di Kabaharkam menjadi singkat. Terkait hal itu, Firli menilai, pekerjaan tidak bisa hanya dilihat dengan waktu.

"Tetapi, bagaimana kita melakukan sesuatu melalui proses dan hasil," ungkapnya.

3. Sejumlah Pati Polri dilantik hari ini

Ditanya Soal Pelantikan Ketua KPK, Irjen Firli: Saya Masih KabaharkamPelantikan Pati Polri Di Bareskrim Mabes Polri (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Selain Firli, ada sejumlah Pati Polri lainnya yang dilantik. Di antaranya, Komjen Pol Condro Kirono yang kini menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Untuk posisi Kapolda Sumsel yang ditinggalkan Firli, akan dijabat  Irjen Pol Priyo Widyanto.

Priyo yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Timur akan digantikan Irjen Pol Muktiono. Sementara itu, Irjen Pol Refdi Andri yang sebelumnya menjabat Kakorlantas Polri dimutasi sebagai Koorsahli Kapolri.

Kakorlantos Polri kini dijabat oleh Brigjen Pol Istiono yang sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Bangka Belitung. Kapolda Bangka Belitung, kini dijabat Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat.

Untuk diketahui, rotasi jabatan Korps Bhayangkara itu juga telah tertulis dalam surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/3020/XI/KEP/2019.

Baca Juga: Ketua KPK Terpilih Irjen Firli Dilantik Jadi Kabaharkam Polri 

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya