Eks Dirut TransJakarta Donny Saragih Pernah Dilaporkan ke Polda Metro

Kasus masih proses penyelidikan sejak September 2018

Jakarta, IDN Times - Eks Dirut PT TransJakarta (TJ) Donny Andy Saragih ternyata pernah dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Dia dilaporkan oleh seseorang bernama Artanta Barus pada 18 September 2018 lalu.

Donny diduga terlibat dalam kasus penggelapan dan penipuan.

1. Kasus masih proses penyelidikan

Eks Dirut TransJakarta Donny Saragih Pernah Dilaporkan ke Polda MetroKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan, meski sudah lewat satu tahun, kasus ini ternyata masih tahap penyelidikan. Polisi saat ini masih membutuhkan keterangan saksi terkait kasus Donny.

"Ada beberapa sudah dipanggil sebagai saksi untuk diklarifikasi yang pertama itu sekretarisnya, operasionalnya dari TransJakarta sudah diklarifikasi, stafnya (juga) ya," kata Yusri saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (27/1) malam.

"Untuk Donny Saragihnya sudah diundang cuma belum bisa hadir," sambung Yusri.

Baca Juga: Mantan Dirut TransJakarta Donny Saragih Angkat Bicara Soal Pidananya

2. Ada tiga orang yang dilaporkan dalam kasus ini

Eks Dirut TransJakarta Donny Saragih Pernah Dilaporkan ke Polda MetroIDN Times/Dini Suciatiningrum

Pelapor, kata Yusri, melaporkan tiga orang. Mereka adalah Donny, Agus Basuki dan Sunani. Para terlapor diduga melakukan penggelapan dan penipuan dan disangkakan melanggar Pasal 372 KUHP dan Pasal 378 KUHP.

"Ini ada tiga orang terlapor ya. Ada mantan staf keuangan," ucap Yusri.

3. Ombudsman akan telusuri soal penunjukan Donny jadi Dirut TransJakarta

Eks Dirut TransJakarta Donny Saragih Pernah Dilaporkan ke Polda MetroAntara Foto/Akbar Nugroho Gumay

Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya mengatakan, ada dugaan maladministrasi dari penunjukan Donny Andy S Saragih sebagai Direktur Utama TransJakarta. Donny diduga terjerat kasus penipuan. Ombudsman meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar meninjau ulang penunjukan Donny. 

"Betul, sejauh ini data yang kami peroleh begitu," kata Ketua Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, Teguh Nugroho, saat dikonfirmasi Senin (27/1).

Teguh mengatakan, untuk detail mengenai kasus penipuan tersebut pihak Ombudsman sedang mendalaminya.

"Nanti setelah cukup lengkap akan kami sampaikan fakta-faktanya," kata dia.

Kecurigaan tersebut menurut Teguh muncul setelah ada masyarakat yang melaporkan pada Ombudsman.

"Konsultasi masyarakat, terkait pengangkatan Dirut TransJakarta merupakan kewenangan Ombudsman atau bukan. Dari konsultasi tersebut kami melakukan tracking," ujar dia

4. Donny pernah jalani sidang pada April 2018

Eks Dirut TransJakarta Donny Saragih Pernah Dilaporkan ke Polda MetroIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan penelusuran IDN Times melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kasus Donny tercatat dengan nomor perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman.

Tanggal sidang pertama tercatat pada 30 April 2018. Donny tidak sendiri, dalam kasus ini dia tercatat melakukan penipuan bersama rekannya Porman Tambunan atau Andi Tambunan.

Mereka didakwa melakukan tindak pidana penipuan dan diancam pidana dalam Pasal 378 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 jo pasal 64 ayat (1) KUHP dengan tuntutan 2 tahun penjara.

5. Pemprov DKI didesak mengusut kasus Donny

Eks Dirut TransJakarta Donny Saragih Pernah Dilaporkan ke Polda Metro(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Berangkat dari kasus tersebut, Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya mendesak agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memeriksa rekam jejak Donny sejak dulu.

"Kami berharap agar Pemprov DKI melakukan penelusuran rekam jejak yang bersangkutan," kata dia.

Untuk diketahui, dilansir melalui Antara, Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Donny Andy Saragih diangkat menjadi Direktur Utama PT TransJakarta yang baru menggantikan ​​Agung Wicaksono mengundurkan diri, pada Kamis (23/1).

"Pengangkatan Saudara Donny Andy S. Saragih sebagai direktur utama didasarkan pada pertimbangan untuk mengembangkan PT Transportasi Jakarta ke depannya. Yang bersangkutan memiliki latar belakang pengalaman di bidang transportasi," ujar Sekretaris Perseroan dan Humas TransJakarta Nadia Disposanjoyo.

Baca Juga: Terpidana Penipuan Donny Andy Saragih Batal Jadi Dirut TransJakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya