[FOTO] Halte hingga Kantor Menteri Rusak Diamuk Demonstran UU Ciptaker

Api dengan cepat menghanguskan halte Transjakarta

Jakarta, IDN Times - Aksi demonstrasi yang menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) atau Omnibus Law yang berlangsung, Kamis (8/10/2020), di Ibu Kota Jakarta, berujung rusuh. 

Sejumlah fasilitas umum menjadi sasaran amukan massa hingga rusak berat. Selain pos polisi, sejumlah halte Transjakarta dirusak dan dijarah massa pendemo.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, ada 11 halte Transjakarta yang dirusak massa.

"Ada halte yang rusak total ada 11, ini akan kita perbaiki semua. Jadi halte yang terbakar tentu tidak bisa (selesai) malam ini. Jadi halte-halte masih diukur seberapa besar nanti yang rusak total, akan disiapkan halte sementara," kata Anies Baswedan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis malam.

Berikut potret sejumlah fasilitas yang rusak akibat diamuk massa demonstran penolak UU Ciptaker atau Omnibus Law.  

Baca Juga: [BREAKING] Memanas, Massa di Depan Patung Kuda Lempari Aparat

1. Pos polisi di sekitar Patung Kuda, kawasan Monas, Jakarta Pusat hangus dibakar massa demonstran

[FOTO] Halte hingga Kantor Menteri Rusak Diamuk Demonstran UU CiptakerPos Polisi di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat dibakar massa (IDN Times/Axel Jo Harianja)

2. Halte Bundaran Hotel Indonesia yang terletak di jantung Ibu Kota tak luput dari sasaran massa, dibakar hingga menyisakan puing-puing

[FOTO] Halte hingga Kantor Menteri Rusak Diamuk Demonstran UU CiptakerHalte Bundaran HI dibakar massa, Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

3. Akibat dibakar massa, Halte Bundaran Hotel Indonesia tak bisa digunakan. Tapi Gubernur DKI Anies Baswedan Berjanji akan segera memperbaikinya

[FOTO] Halte hingga Kantor Menteri Rusak Diamuk Demonstran UU CiptakerHalte Bundaran HI dibakar massa, Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

4. Tidak hanya pos polisi dan halte Transjakarta, kantor Kementerian ESDM juga ikut menjadi sasaran massa. Kaca-kaca gedung yang terletak di Jalan Medan Merdeka ini pecah dilempari massa

[FOTO] Halte hingga Kantor Menteri Rusak Diamuk Demonstran UU CiptakerTerjadi kerusakan di Gedung Kementerian ESDM (IDN Times/Axel Jo Harianja)

5. Dirusak massa demonstran, kantor Kementerian ESDM tutup

[FOTO] Halte hingga Kantor Menteri Rusak Diamuk Demonstran UU CiptakerTerjadi kerusakan di Gedung Kementerian ESDM (IDN Times/Axel Jo Harianja)

6. Hingga malam hari, demonstran masih berkumpul di sejumlah titik. Tampak asap akibat pembakaran masih membumbung di udara

[FOTO] Halte hingga Kantor Menteri Rusak Diamuk Demonstran UU CiptakerSuasana Demo Tolak UU Cipta Kerja pada Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

7. Di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, demonstran rusuh dan membakar sejumlah benda di jalan. Demonstran juga membakar pos polisi

[FOTO] Halte hingga Kantor Menteri Rusak Diamuk Demonstran UU CiptakerDemo tolak Omnibus Law di kawasan Harmoni pada Kamis (8/10/2020). (IDN Times/Ilyas Mujib)

Baca Juga: [BREAKING] Demo Makin Panas, Massa Bakar Pos Polisi di Harmoni Jakpus

Topik:

  • Sunariyah
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya