FUI Gelar Aksi Damai di KPU Besok, Polda Metro Siapkan 4 Ribu Personel

Polisi imbau peserta aksi untuk tertib

Jakarta, IDN Times - Forum Umat Islam (FUI) akan menggelar aksi damai di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta,  Jumat (1/3). Aksi digelar untuk mendukung KPU mewujudkan pemilu yang bersih, jujur dan adil tanpa kecurangan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan menyiapkan sekitar 4 ribu personel gabungan untuk mengamankan aksi tersebut.

"Kita dari Polda Metro Jaya menyiapkan sekitar 4 ribu personel, kita siapkan personel gabungan kita siapkan mengamankan aksi damai tersebut," kata Argo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/2).

1. Polisi imbau peserta aksi untuk tertib

FUI Gelar Aksi Damai di KPU Besok, Polda Metro Siapkan 4 Ribu PersonelKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Argo mengatakan, 4 ribu personel itu merupakan gabungan yang terdiri dari TNI-Polri beserta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Ia juga mengimbau, para peserta aksi untuk tertib dan menjaga kedamaian selama aksi berlangsung.

"Jadi sudah kami sampaikan komunikasi dengan yang bersangkutan (pihak FUI) bahwa dalam kegiatan aksi damai ke KPU untuk tidak membawa atribut partai, bendera partai itu kita sampaikan ke sana untuk kegiatan besok," katanya.

Baca Juga: Presiden Institut Islam Xinjiang: Teroris Bukan Muslim

2 . Peserta aksi dilarang berkumpul di Bundaran HI

FUI Gelar Aksi Damai di KPU Besok, Polda Metro Siapkan 4 Ribu PersonelShutterstock/Andreas H

Sebelumnya, para peserta aksi meminta izin untuk menentukan titik kumpul aksi di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Terkait hal itu, Argo menjelaskan, pihaknya melarang dan menyarankan untuk berkumpul di masjid-masjid di sekitar lokasi.

"Kemarin sudah kita komunikasikan, jadi nanti titik kumpulnya bukan di HI. Ada beberapa di masjid sekitar Bundaran HI, ada sekitar beberapa masjid, ada Masjid Cut Mutia dan sebagainya di sana," jelas Argo.

3. FUI gelar aksi damai untuk mendukung KPU

FUI Gelar Aksi Damai di KPU Besok, Polda Metro Siapkan 4 Ribu PersonelIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sebagai Informasi, FUI akan mengelar aksi damai di depan Gedung KPU, Jakarta pada Jumat, 1 Maret 2019. Sekertaris Jenderal (Sekjen) FUI Al Khaththath menuturkan, aksi tersebut untuk mendukung KPU dalam mewujudkan pemilu yang bersih, jujur, dan adil tanpa kecurangan.

"Seruannya mendukung KPU untuk mewujudkan pemilu, bersih, jujur, dan adil tanpa kecurangan. Kita bertekad untuk mengikuti dan menggerakkan umat Islam untuk mengikuti pemilu, jujur, dan bersih," katanya dalam acara diskusi 'Sarasehan Pemilu' di Aula Masjid Al Ittihaad, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (24/2) lalu.

Ia mengklaim, sekitar 20.000 orang akan hadir dalam aksi damai itu. Al Khaththath juga menegaskan, aksi itu bukan bentuk dukungan bagi salah satu pasangan capres-cawapres 2019 mendatang.

Baca Juga: Presiden Institut Islam Xinjiang: Teroris Bukan Muslim

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya