GKC Jokowi dan Sandiaga Bagi Sembako ke Pedagang Mie Ayam di Jaksel 

GKC Jokowi dan Sandiaga juga bagi Sembako ke manusia gerobak

Jakarta, IDN Times - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 terus bergerak membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19.

Hari ini, Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Salahuddin Uno, bergerak bersama kelompok relawan Galang Kemajuan Center (GKC) Jokowi.

Mereka membagi-bagikan sembako kepada pedagang mie ayam yang tidak mengantongi KTP Jakarta. Bantuan kali ini diberikan untuk warga RT 6, RW 9, Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Kami baru saja melakukan kegiatan mendata masyarakat penerima bantuan. Banyak yang belum tersentuh bantuan, oleh karena itu hari ini bersama relawan kita turun di kelurahan Pasar Manggis, RT 06 RW 09," katanya di lokasi, Minggu (17/5).

1. Bantuan diharapkan dapat meringankan beban masyarakat

GKC Jokowi dan Sandiaga Bagi Sembako ke Pedagang Mie Ayam di Jaksel GKC Jokowi dan Sandiaga Bagi Sembako ke Pedagang Mie Ayam dan Manusia Gerobak di Jaksel (Dok. Istimewa)

Sandiaga tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 WIB. Dia didampingi Ketua umum GKC Jokowi, Kelik Wirawan, Sekjen GKC Jokowi, Didi Budiono, dan Bendahara GKC Jokowi, Ade Rukmini.

Menurut Sandiaga, aksi yang dilakukan pihaknya sebagai upaya membantu masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup.

"Sekarang biaya hidup membebani mereka karena penghasilannya turun, tapi biaya terus meningkat terutama karena kenaikan beberapa komoditas seperti gula. Oleh karena itu, bantuan ini diharapkan meringankan beban masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Sandiaga dan Kahmipreuneur Beri Beasiswa 100 Siswa Terdampak COVID-19

2. Akan gelar PCR test di lokasi tersebut

GKC Jokowi dan Sandiaga Bagi Sembako ke Pedagang Mie Ayam di Jaksel Petugas medis melakukan tes swab kepada salah satu pasien dalam pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT), Kalimantan Utara, Selasa (28/4/2020). Tes swab tersebut dilakukan guna memastikan tertular atau tidaknya angota keluarga yang dinyatakan positif COVID-19. ANTARA FOTO/Fachrurrozi

Sandiaga turun langsung membagikan sembako ke warga yang kebanyakan merupakan pedagang mie ayam. Mereka, kata Sandiaga, tidak mendapat bantuan pemerintah lantaran tidak memiliki KTP Jakarta. Ada sekitar 12 rumah yang disambangi Sandiaga.

"Ini ada paket sembako dari kami Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVOD-19. Semoga dapat membantu," ucap Sandiaga ke salah seorang warga bernama Hannah. 

Hannah yang merupakan ibu rumah tangga ini mengaku belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, meski memiliki e-KTP DKI Jakarta. 

"Alhamdulilah sekali, saya belum dapat bantuan kebetulan pak," kata Hannah. 

Adanpun paket sembako yang dibagikan berupa beras, gula, susu, kecap, telur dan lain-lain. Paket sembako yang dibagikan sebanyak 350.

Di daerah padat penduduk tersebut, lanjut dia, belum diadakan rapid test COVID-19. Sandiaga mengatakan, pihaknya segera menyiapkan alat-alat PCR test di wilayah itu.

"Kegiatan mobile rapid test berbasis PCR, karena di sini daerahnya sangat padat," ujar Sandiaga.

3. Berikan bantuan sembako kepada manusia gerobak

GKC Jokowi dan Sandiaga Bagi Sembako ke Pedagang Mie Ayam di Jaksel GKC Jokowi dan Sandiaga Bagi Sembako ke Pedagang Mie Ayam dan Manusia Gerobak di Jaksel (Dok. Istimewa)

Usai menyerahkan sembako ke warga RT 6, RW 9, Kelurahan Pasar Manggis, Sandiaga dan relawan berpindah ke lokasi kedua, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Menjelang buka puasa, Sandiaga menyempatkan diri untuk menyapa pemulung yang setiap harinya menggunakan gerobak atau disebut "manusia gerobak". Dalam kesempatan itu, dia juga memberikan bantuan paket sembako.

"Ini untuk meringankan beban ya bu," ucap Sandiaga kepada seorang ibu.

Ibu itu mengaku merasa terbantu dengan adanya bantuan sembako. Sebab, biaya untuk makan biasanya bertumpu saat memulung.

Ibu tersebut membawa serta dua orang anaknya yang berada di atas gerobak. Sandiaga tak sungkan, juga memberikan paket sembako kepada dua anak ibu tersebut.

"Tetap jaga kesehatan, pakai masker jangan lupa ya," ucap Sandi.

4. Sandiaga ingin masyarakat menerima realita baru dampak dari COVID-19

GKC Jokowi dan Sandiaga Bagi Sembako ke Pedagang Mie Ayam di Jaksel Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menggelar rapid test massal di lahan parkir Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara (Dok. Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu turut mengajak masyarakat melawan virus corona. Masyarakat juga diminta memandang lebih jeli bahwa, pandemik COVID-19 adalah hal yang baru dan patut untuk diwaspadai.

"COVID-19 ini harus dilawan, fight COVID-19. Tetapi, dengan realita yang baru ini, kita harus terima bahwa ini suatu kenyataan hidup yang harus kita terima. Segera beradaptasi, mudah-mudahan COVID-19 segera diangkat," harapnya

Baca Juga: Sandiaga dan Relawan Beri Bantuan ke Pembuat Tempe dan Manusia Gerobak

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya