Hasil Investigasi Kasus Novel Baswedan Bakal Diungkap Pekan Depan

TGPF: Perkara Novel bukan perkara biasa

Jakarta, IDN Times - Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan, Nurkholis, mengatakan pihaknya memastikan telah menyelesaikan laporan investigasi terhadap kasus yang yang menimpa mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut. Untuk itu, pihaknya merencanakan akan mengungkap hasil investigasi itu pada pekan depan.

"Kami akan menyampaikan hasil lengkap pada minggu depan, tim sudah selesai melakukan tugas sesuai dengan Surat Keterangan (SK) pak Kapolri 6 bulan yang lalu," ujar Nurcholis di Gedung Ruang Pertemuan Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/7).

Baca Juga: Polri Akan Pelajari Hasil Investigasi TGPF Kasus Novel Baswedan 

1. Laporan akan dipelajari Kapolri dalam waktu satu pekan

Hasil Investigasi Kasus Novel Baswedan Bakal Diungkap Pekan DepanIDN Times/Axel Jo Harianja

Nurkholis menjelaskan, laporan itu memiliki 170 halaman dan 1500 lampiran. Saat ini, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga tengah diberikan waktu sekitar satu minggu untuk mempelajari laporan tersebut.

"Laporan sudah kami laporkan kepada Kapolri, dan beliau akan memperlajari dalam waktu yang singkat," ucap dia.

Lebih lanjut, mantan Ketua Komnas HAM itu menjelaskan, dalam penyelidikan kasus ini, pihaknya menggunakan pendekatan investigasi secara teknis agar dapat mengungkap kasus Novel secara mendalam.

"Tim ini dibantu oleh rekan-rekan dari Mabes Polri maupun Polda Metro Jaya, Insya Allah tidak lebih dari satu minggu itu sudah selesai (pengungkapan)," jelasnya.

2. Perkara Novel bukan perkara biasa

Hasil Investigasi Kasus Novel Baswedan Bakal Diungkap Pekan DepanIDN Times/Axel Jo Harianja

Di tempat yang sama, anggota TGPF lainnya Hendardi mengungkapkan bahwa, perkara Novel bukanlah perkara biasa. "Jadi pasti bukan perkara pembunuhan biasa di pinggir jalan."

Ketua Setara Institute itu juga menduga, kasus yang menimpa Novel tersebut bisa terjadi karena latar belakang Novel sendiri yang berkaitan dengan politik. "Karena itu, kami berkepentingan untuk mencari juga motif-motif dibalik itu semua dan motif itu kami telusuri dari motif-motif apa saja yang mungkin kami temukan. Itu nanti pada pekan depan akan kami sampaikan," ujar Hendardi.

3. Kapolri menyatakan ada perkembangan dari penyelidikan kasus Novel

Hasil Investigasi Kasus Novel Baswedan Bakal Diungkap Pekan DepanANTARA FOTO/Jojon

TGPF sendiri kata Hendari telah melakukan pertemuan dengan Kapolri. Dalam pertemuan itu, Kapolri juga menyatakan adanya kemajuan atas temuan baru dari penyelidikan kasus Novel. Meski begitu, ia enggan membeberkan apa temuan baru tersebut.

"Progress yang baik, ada temuan-temuan baru di dalam investigasi kami," kata Hendardi.

Selain temuan-temuan baru itu, TGPF juga menyimpulkan dan memberikan rekomendasi- rekomendasi kepada Kapolri. "Nanti beliau tentu saja akan mempelajari apa yang kami sampaikan itu," sambungnya.

Baca Juga: Disebut Komnas HAM Sudah Tahu Pelaku Kasus Novel, Ini Respons Polri

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya