Comscore Tracker

HUT Bhayangkara ke-74, Polri: Yang Lahir 1 Juli Bisa Bikin SIM Gratis!

Layanan SIM gratis hanya untuk SIM A dan C

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar pembuatan SIM gratis untuk memperingati HUT Bhayangkara ke -74 pada Rabu (1/7) esok. Pelayanan ini juga tertuang dalam surat telegram rahasia Kapolri bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020, tanggal 12 Juni 2020. Surat itu juga ditandatangani oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol. Istiono.

"Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan hari Bhayangkara," kata Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (30/6).

1. Layanan SIM gratis hanya untuk SIM A dan C

HUT Bhayangkara ke-74, Polri: Yang Lahir 1 Juli Bisa Bikin SIM Gratis!Ilustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol. Yusuf mengatakan, layanan SIM gratis ini hanya untuk SIM A dan SIM C.

Yusuf menjelaskan, masyarakat yang ingin menggunakan layanan ini cukup membawa e-KTP asli dan fotocopy-nya, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta membawa SIM asli bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM.

"Sampai saat ini, jumlah warga yang sudah mendaftar program SIM gratis ini sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia," jelas Yusuf.

Baca Juga: Dispensasi Perpanjangan SIM Diperpanjang hingga Agustus 2020

2. Hal-hal yang dilakukan Polri untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-74

HUT Bhayangkara ke-74, Polri: Yang Lahir 1 Juli Bisa Bikin SIM Gratis!Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Awi Setiyono (Dok. Humas Polri)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Awi Setiyono mengatakan, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan untuk memperingati hari Bhayangkara ke-74.

Di antaranya adalah bakti sosial, pemuliaan nilai-nilai Tribrata, ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, pengiriman buket bunga kepada purnawirawan Kapolri, upacara hari Bhayangkara secara virtual, dan syukuran hari Bhayangkara.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak oleh Mabes Polri dan seluruh jajaran kewilayahan. Sejak awal bulan Juni yang lalu, seluruh jajaran sudah melaksanakan kegiatan bakti sosial dan kegiatan lainnya antara lain donor darah, pemberian sembako, bersih-bersih kampung dan tempat ibadah, melaksanakan rapid test dan pelayanan pembuatan SIM gratis untuk masyarakat yang lahir pada tanggal 1 Juli," ujar Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (23/6) lalu.

3. Upacara dilaksanakan virtual dan dipimpin Presiden Jokowi

HUT Bhayangkara ke-74, Polri: Yang Lahir 1 Juli Bisa Bikin SIM Gratis!Dok. Biro Pers Kepresidenan

Awi menuturkan, puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-74 ialah upacara peringatan yang akan dilaksanakan pada Rabu (1/7) pukul 08.30 WIB. Upacara akan dilaksanakan di Istana Negara dan live streaming di Gedung Bareskrim Mabes Polri serta masing-masing Polda dan Polres.

"Upacara hari Bhayangkara ke-74 sendiri dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia (Jokowi) selaku inspektur upacara. Kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran pada pukul 10.00 WIB," tutur Awi.

Baca Juga: Tidak Perpanjang SIM Hingga 30 Juni? Siap-siap Buat SIM Baru

Topic:

  • Axel Joshua Harianja
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya