IMS 2020: Iskandar Zulkarnain, Anggota BPKH dan Pegiat Gerakan Ekonomi

Simak visinya di Indonesia Millennial Summit 2020!

Jakarta, IDN Times - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) merupakan lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji. Badan yang baru dibentuk pada 26 Juli 2017 lalu ini bertugas mengelola Keuangan Haji yang meliputi penerimaan, pengembangan, pengeluaran, dan pertanggungjawaban keuangan haji.

Di balik itu semua, ada sosok yang berperan penting. Dia adalah Anggota Badan Pelaksana BPKH, A Iskandar Zulkarnain. Dia juga akan hadir dalam acara Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020, pada Jumat-Sabtu tanggal 17-18 Januari 2020. 

1. Iskandar Zulkarnain berpengalaman selama 30 tahun di bidang keuangan dan perbankan

IMS 2020: Iskandar Zulkarnain, Anggota BPKH dan Pegiat Gerakan EkonomiAnggota Badan Pelaksana BPKH, A Iskandar Zulkarnain (Dok. Zulkarnain)

Dalam surat pengalamannya kepada IDN Times, Zulkarnain, mengemban amanah sebagai Anggota BPKH sejak 2017 lalu. Hal itu juga berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 74/P Tahun 2017, sebuah Lembaga Non Kementerian yang dibentuk berdasar UU No. 34 Tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji.

Selain itu, Zulkarnain berpengalaman selama lebih dari 30 tahun di bidang keuangan dan perbankan. Mulai dari manajerial sampai eksekutif, baik di perbankan hingga BUMN.

2. Pegiat ekonomi hingga Gerakan Haji Muda

IMS 2020: Iskandar Zulkarnain, Anggota BPKH dan Pegiat Gerakan EkonomiAnggota Badan Pelaksana BPKH, A Iskandar Zulkarnain (Dok. Zulkarnain)

Peraih gelar Master Manajemen dari Universitas Sebelas Maret (UNS) ini, juga berperan sebagai Pegiat Ekonomi. Di antaranya, Pegiat Ekonomi Koperasi, Pegiat dan Perintis Ekonomi Syariah dan Pegiat Gerakan Haji Muda.

Pada Tahun 2016, Zulkarnain menjabat sebagai Dewan Eksekutif PKES (Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah). Kala itu, PKES menyelenggarakan program Gerakan Ekonomi Syariah (Gres!) yang diluncurkan oleh Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kini menjadi gerakan nasional dan ikon sosialisasi ekonomi syariah di Indonesia," kata Zulkarnain.

Pegiat Gerakan Haji Muda sendiri mengibarkan flagship MINA (Mari Tunaikan Haji selagi Muda), dengan tagline Ayo Haji Muda dan hastag #AyoHajiMuda #HajiMudaituKeren #HajiMilenial. Gerakan itu kata Zulkarnain, merupakan gerakan untuk menunaikan haji selagi muda.

"Mengingat Ibadah Haji memerlukan kondisi badan yang fit, di samping persyaratan finansial," ucapnya.

3. Zulkarnain akan berbicara dalam sesi Lifestyle in Muslim Way

IMS 2020: Iskandar Zulkarnain, Anggota BPKH dan Pegiat Gerakan EkonomiAnggota Badan Pelaksana BPKH, A Iskandar Zulkarnain (Dok. Zulkarnain)

Zulkarnain akan hadir dalam Stage Hijrah IMS 2020, dalam sesi Lifestyle in Muslim Way, pada 18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Hadir pula panelis lainnya yakni, Pakar Psikologi Islam, Prof. Abdul Mujib, Pakar kesehatan Dr. Fidiansjah, dan News Anchor Metro Woro Windrati.

4. IDN Times gelar Indonesia Millennial Summit 2020

IMS 2020: Iskandar Zulkarnain, Anggota BPKH dan Pegiat Gerakan EkonomiIMS 2020 (Instagram @indonesia.millennial.summit)

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times!

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya