Ini Alasan Kenapa Ahmad Dhani Ditahan di Rutan Medaeng Surabaya

Ia ditahan di Medaeng untuk mempermudah proses persidangan

Jakarta, IDN Times - Musisi sekaligus politisi Partai Gerindra Ahmad Dhani bakal menjalani masa pengenalan lingkungan (mapenaling) selama menjalani kurungan di Rutan Kelas I Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur. Ia ditahan karena kasus pencemaran nama baik.

Kepala Rutan Kelas I Surabaya Teguh Pamuji mengatakan, Ahmad Dhani akan menjalani mapenaling seperti tahanan lainnya. "Karena sifatnya tahanan titipan, akan menjalani keseharian sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan," ujar Teguh seperti dikutip dari Antara.

1. Dhani tidak mendapat perlakuan istimewa

Ini Alasan Kenapa Ahmad Dhani Ditahan di Rutan Medaeng SurabayaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Teguh mengatakan, Dhani tidak mendapat perlakuan istimewa selama menjalani hari-harinya di Rutan Medaeng karena memang tidak ada sel khusus.

"Nantinya Dhani akan menjalani hukuman kurungan sampai dengan proses persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya selesai," jelasnya.

Mapenaling yang dilakukan oleh Ahmad Dhani minimal selama 4 hari dan maksimal dilakukan selama sepekan ke depan.

"Dhani dicampur tidak ada tempat yang lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Sudah Masuk Penjara, Ahmad Dhani Harus Diadili Lagi di PN Surabaya

2. Dhani ditahan di Medaeng usai menjalani sidang di PN Surabaya

Ini Alasan Kenapa Ahmad Dhani Ditahan di Rutan Medaeng SurabayaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Musisi Band Dewa 19 itu ditahan di Rutan Medaeng setelah dirinya menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Sebelumnya, ia ditahan di Lapas Kelas I Cipinang Jakarta. Guna memudahkan proses persidangan, ia pun dipindahkan ke Rutan Kelas I Surabaya.

Tidak hanya itu, Dhani akan menjalani sidang yang dijadwalkan sepekan dua kali, yakni pada hari Selasa dan Kamis. Hal ini untuk mempercepat proses persidangan.

3. Kasus bermula akibat ucapan kata idiot

Ini Alasan Kenapa Ahmad Dhani Ditahan di Rutan Medaeng SurabayaAntara Foto/Sigid Kurniawan

Kasus ini bermula saat Ahmad Dhani akan menghadiri acara deklarasi Ganti Presiden 2019 di Tugu Pahlawan Surabaya. Namun, saat tiba di Hotel Majapahit, dia dihadang oleh kelompok yang mengatasnamakan elemen Bela NKRI.

Saat penghadangan itulah, Ahmad Dhani membuat vlog yang berisi kata-kata "idiot" yang diunggah ke media sosial dengan durasi waktu 1 menit, 37 detik.

Baca Juga: Sidang Perdana di Surabaya, Ahmad Dhani Dijerat Pasal Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya